Follow Us

Materi Soal dan Jawaban Belajar dari Rumah TVRI Senin 11 Mei 2020 untuk SMA dan SMK

Alvin Bahar - Senin, 11 Mei 2020 | 15:00
Belajar dari rumah TVRI
TVRI

Belajar dari rumah TVRI

HAI-ONLINE.COM - Belajar dari Rumah TVRI sudah memasuki minggu kelima, dan inilah materi dan soal untuk SMA dan SMK Kamis 30 April 2020.Untuk Senin 11 Mei 2020 materinya adalah cara menulis skenario film.Seperti biasa tayangan di TVRI akan dimulai sejak pukul 08.00 WIB dengan materi untuk peserta didik PAUD Jalan Sesama.Selanjutnya akan disiarkan untuk satuan pendidikan sekolah dasar kelas 1-3 dan sesi berikutnya kelas 4-6.Tayangan ini terus belanjut hingga SMP dan SMA sederajat.Setiap sesinya berdurasi 30 menit.Nah jangan sampai ketinggalannya untuk menyaksikan dan menonton serta menjawab pertanyaan dari materi yang disampaikan.Berikut adalah materi dan soal untuk SMA sederajat.

Pada materi hari ini kita akan belajar mengenai dunia perfilman dalam tayangan yang berjudul Tutorial Penulisan Skenario yang bisa teman-teman tonton di TVRI pada pukul 10.00 – 10.30 WIB.Di akhir segmen atau tayangan ada beberapa soal yang harus teman-teman jawab dan kerjakan, dan tentunya masih berhubungan dengan dunia penulisan naskah film yang sudah dibahas dalam tayangan tersebut.

Baca Juga: Sejarah McDonald's Sarinah, PIM, dan Blok M Plaza Jadi Tempat Nongkrong Favorit Remaja Jakarta Pada Masanya

PembahasanAdakah teman-teman yang ingin menjadi penulis skenario atau sekadar ingin meningkatkan kemampuan sebagai penulis? Edy Cahyono, sutradara sekaligus penulis skenario film “Siti”, berbagi pengetahuan tentang cara menulis sebuah skenario film. PertanyaanSegmen 11. Jelaskan premis dari cuplikan film pendek tersebut!2. Ceritakan turning point atau titik balik kedua dalam film tersebut!Segmen 21. Peristiwa apa yang membuat klimaks dalam film tersebut?2. Berdasarkan format film yang telah dijelaskan dalam tayangan tadi,kalau kalian ingin membuat film berdurasi 60 menit, berapa halamanskenario film sebaiknya dibuat? Berikan penjelasan!

JawabanSegmen 11. Premis atau ide pokok dalam film pendek tersebut adalah hubunganantara ayah dan anak yang tidak harmonis.2. Turning point ke-2 pada film pendek tersebut adalah saat Aldy memintamaaf kepada ayahnya karena meninggalkan ayahnya sendiri.Segmen 21. Peristiwa yang membuat klimaks pada film pendek tersebut adalah saatAldy membangunkan ayahnya yang sedang tertidur di dalam mobil untukmenunaikan sholat.Ternyata sang ayah terlihat lemas dan tidak merespon Aldy. Akhirnya Aldymenangis karena sang ayah telah meninggal dunia.2. Bila ingin membuat film berdurasi 60 menit, maka halaman skenarioyang dibutuhkan adalah 60 halaman , karena biasanya 1 halaman skenariountuk 1 menit adegan film.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest