Follow Us

5 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Penyakit Jantung di Usia Muda

Annisa Putri Salsabila - Selasa, 05 Mei 2020 | 22:00
Healthy Lifestyle
iStockphoto

Healthy Lifestyle

Hai-Online.com - Penyakit jantung adalah momok yang ditakuti sama banyak orang. Penyakit ini bahkan jadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

Data WHO tahun 2015 nunjukin, kalo 70 persen kematian di dunia disebabkan sama penyakit yang nggak menular, dan 45 persen dari seluruh kematian itu terjadi karena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Hal ini bikin kita harus lebih sadar dalam mencegah penyakit jantung dengan ngelakuin gaya hidup sehat. Namun penyakit ini justru dikaitkan dengan usia lanjut alias para orang tua. Padahal ini juga bisa menyerang usia muda, kalo nggak jaga pola kesehatan.

Berikut 7 tips untuk jaga kesehatan bagi anak muda, agar terhindar dari penyakit jantung:

Baca Juga: Pelihara Ayam di Rumah Sama Dengan Nyimpen Bom Waktu, Kok Bisa?

1. Nutrisi Adalah Kunci

Sarapan bubur gandum

Gandum mengandung beta-glucan atau serat yang bisa nurunin kolesterol jahat, penyebab sakit jantung. Menurut ahli gizi Dr Sarah Schenker dari British Dietetic Association, kamu memerlukan 3 gram beta-glucan per hari atau setara dengan semangkuk bubur (ukuran rata-rata).

Dengan menyantap semangkuk bubur gandum setiap pagi, kamu bisa nurunin kadar kolesterol dalam tubuh sebanyak 5 sampai 10 persen, dibanding nggak ngonsumsi sama sekali.

Makan semangkuk yogurt

Sekitar 80 persen imunitas tubuh manusia ada di pencernaannya. Kalo pencernaan sehat, bisa dipastikan nggak mudah terserang penyakit, termasuk jantung. Nah, untuk punya pencernaan yang sehat, kamu perlu bakteri baik atau probiotik. Bakteri ini bisa diperoleh dari susu dan produk turunannya seperti yogurt.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest