Follow Us

Pelihara Ayam di Rumah Sama Dengan Nyimpen Bom Waktu, Kok Bisa?

Annisa Putri Salsabila - Selasa, 05 Mei 2020 | 18:00
Ilustrasi peliharaan ayam di rumah
iStockphoto

Ilustrasi peliharaan ayam di rumah

Hai-Online.com- Para pakar penyakit menular di Australia mengatakan, kalo hobi pelihara ternak di belakang rumah atau yang kandangnya deketan sama rumah bisa picu bom waktu penyebaran wabah penyakit.

Direktur penelitian lembaga studi CSIRO di Australia, Paul De Barro, mengatakan kalo wabah penyakit yang dibawa sama ayam, babi atau kambing berisiko tinggi mengancam jiwa manusia.

Hewan peliharaan, khususnya di pinggiran kota, bisa terpapar hewan liar seperti kelelawar. Kelelawar inilah yang ngebawa penyakit seperti virus Hendra atau Nipah.

"Ketika populasi urban menyebar, mereka pindah ke area hutan, area alami. Dan karena itu kita semakin dekat dekat dengan hewan liar," katanya kepada ABC.

Perubahan iklim juga dianggap sebagai faktor pemicu, di mana kita menyaksikan hewan-hewan udah ngubah perilaku mereka. Misalnya di perkotaan semakin sering terlihat kelelawar terbang padahal 50 tahun lalu hal ini nggak dijumpai.

"Ketika kita mendapatkan perubahan ini, risiko penyakit dari hewan ke manusia semakin meningkat," ujar dia.

Baca Juga: Stasiun Balapan Solo, Saksi Bisu Kegalauan Sang Maestro Didi Kempot

Wabah sulit diprediksi dan dibendung

Menurut Dr de Barro, risiko penyebaran penyakit dari hewan ke manusia juga bisa dialami mereka yang tinggal di perkotaan. Misalnya di Australia ketika ada wabah flu burung, pihak berwenang sulit mendeteksi dari mana asalnya. Sebab nggak ada pendataan kepemilikan hewan di negara itu.

Hal semacam inilah yang menurut Barro bikin wabah penyakit sulit dibendung.

"Yang nggak kita tahu adalah kapan (wabah penyakit) muncul, kita nggak tahu frekuensinya, dan kita bahkan nggak tahu skala atau konsekuensinya," katanya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest