Follow Us

Ini Alasan Kenapa Makanan Asin Bikin Haus dan Dihindari Saat Sahur

Dio Firdaus - Selasa, 05 Mei 2020 | 03:00
Kentang goreng, camilan favorit yang berbahaya bagi kesehatan.
pxhere.com

Kentang goreng, camilan favorit yang berbahaya bagi kesehatan.

HAI-ONLINE.COM- Pasti kamu sering mendapatkan saran atau nasihat agar nggak mengonsumsi makanan yang asin saat sahur agar nggak gampang haus.

Makanan seperti mi instan, nasi goreng, dan yang mengandung garam tinggi pasti selalu disarankan untuk nggak dikonsumsi saat sahur. Kamu tau nggak sih alasannya?

Alasan utamanya adalah garam yang masuk ke dalam sistem pencernaan kita juga turut masuk ke aliran darah yang menaikan kadar garam di tubuh.

Nah, saat darah yang kadar garamnya tinggi lewat pembuluh darah vena dan arteri, tubuh pun akan mengira adanya ketidakseimbangan.

Ketika kandungan garam pada cairan di sekitar sel lebih tinggi dibandingkan kandungan garam dalam sel, cairan di luar akan menarik cairan lebih banyak dari sel.

Kondisi seperti itu disebut dengan hypernatremia. Saat kondisi ini terjadi, pembawa pesan di tubuh akan memberi info ke otak kalau tubuh kita dehidrasi atau kekurangan cairan.

Nah itu adalah saat di mana kita jadi merasa kehausan sob. Lebih tepatnya saat sensor di bagian otak sudah menerima pesan kalau terlalu banyak sodium dalam aliran darah.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Cek Apakah Data Akun Lo di Tokopedia Bocor

Namun menurut Bobo.id, nggak semua orang punya proses yang sama. Ada beberapa orang dengan kondisi usia atau kesehatan tertentu yang nggak bisa memberi tahu kalau tubuh kurang cairan.

Kalau kondisinya begini, ini bahaya sob. Karena seperti yang kamu tahu kalau tubuh kita mengandung banyak banget air dan organ tubuh butuh air untuk bekerja dengan baik.

Karena itu, HAI saranin mending mengurangi konsumsi makanan yang tinggi garam saat buka puasa terutama pas sahur deh.

Menurut keterangan ahli gizi UGM, Dian Caturini Sulistyonigrum yang HAI kutip dari Kompas.com juga sebaiknya kita nggak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi.

Hal itu dikarenakan bisa menyebabkan kita haus dan kekurangan cairan.

Kalau bisa konsumsi air putih sebanyak mungkin agar tubuh nggak dehidrasi saat berpuasa ya sob!

Source : kompas, bobo

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest