Follow Us

Begini Cara Mudah Cek Apakah Data Akun Lo di Tokopedia Bocor

Dio Firdaus - Senin, 04 Mei 2020 | 12:29
Ilustrasi hacked
iStockphoto

Ilustrasi hacked

HAI-ONLINE.COM- Kabar mengenai data milik 15 juta pengguna Tokpedia bocor sedang hangat diperbincangkan di dunia maya.

Bahkan lebih parahnya lagi, kabar terbaru menyebutkan ada 91 juta data pengguna dan lebih dari tujuh juta merchant Tokopedia dijual di situs Dark Web.

Hal tersebut tentunya membuat banyak orang terutama pengguna Tokopedia cemas. Karena email korban berpotensi disalahgunakan untuk tindak kejahatan.

Menanggapi hal ini, pihak Tokopedia sendiri pun mengakui adanya upaya pencurian terhadap data pengguna di platform e-commerce miliknya.

Namun kabar baiknya, Tokopedia mengklaim informasi password milik pengguna masih aman terlindungi dengan pengamanan berlapis, termasuk lewat mekanisme kode OTP (one-time password).

Tapi kalau kamu merasa ragu-ragu apakah email kamu ikut terdampak kebocoran ini, kamu bisa melakukan pengecekan di situs Have I Been Pwned.

situs have i been pwned

situs have i been pwned

Sebagaimana HAI lansir Kompas.com, situs ini bisa mengindentifikasi apakah alamat email yang digunakan untuk akun layanan online pernah terekspos oleh insiden kebocoran atau nggak.

Baca Juga: Bikin Video Viral Prank ke Transpuan, YouTuber Ferdian Paleka Dipolisikan

Caranya pun mudah banget sob. Kamu tinggal masukan email kamu pada kolom yang diletakan di tengah website dan pencet enter atau klik "pwned?"

Situs itu nantinya akan menelusuri dan mengonfirmasi apakah email tersebut pernah masuk ke dalam kasus kebocoran data.

Jika iya, situs tersebut akan menyarankan untuk melindungi akunmu dengan menggunakan tingkat keamanan yang lebih baik. Sebaliknya, situs ini hanya akan mengatakan "berita baik, tidak ada kebocoran ditemukan"

Selain itu, di situs ini juga kamu bisa mencari situs atau platform apa saja yang datanya sudah kebocoran dengan masuk ke laman "Who's been pwned"

Silahkan dicek sob apakah email kamu terkena dampak atau nggak. Jika iya, itu artinya sudah saatnya kamu ganti sistem keamanan emailmu.

Source : kompas

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest