Follow Us

Ini Dia Kurma Termahal di Dunia, Apa Sih Keistimewaannya?

Annisa Putri Salsabila - Jumat, 24 April 2020 | 03:00
kurma
tribunnews.com

kurma

Hai-Online.com- Nggak kerasa puasa Ramadhan 2020 tiba juga, di tengah pandemi virus corona saat ini, yang jelas suasananya kerasa beda banget.

Ramadhan selalu identik dengan buka bersama dan berburu takjil sebelum buka puasa, termasuk takjil yang satu ini, yapp kurma jadi hidangan pembuka untuk batalin puasamu. Karena lebih baik berbuka dengan yang manis daripada yang ngasih harapan doang, hiks

Namun ada beberapa hal yang mungkin nggak berubah. Contohnya, menu wajib hidangan buka atau sahur saat puasa.

Satu di antaranya adalah Kurma. Ya, buah Kurma adalah buah khas yang dihidangkan saat Puasa Ramadhan.

Ternyata kurma pun punya jenis-jenisnya sendiri, dan bahkan beberapa kurma di dunia bisa punya harga yang mahal loh.

Kenapa bisa mahal? karena proses pertumbuhan mereka cukup lama dan makan banyak tenaga. Selain itu juga, kondisi pertumbuhan khusus untuk pohon pun diperlukan.

Baca Juga: Pete Wentz 'Fall Out Boy': Gue Bakal Bikin Album Solo Kalo Enam Bulan ke Depan Masih Lockdown Juga

Insinyur Salah Abdullah Al Mousa selaku Acting Director, Agricultural Research di Ministry of Climate Change and Environment (MOCCE) mengatakan, kalo menurutnya, kurma jenis Khalas, Barhi, Dabbas, Lulu, Fard, Khenaizi, dan Sheesh adalah kurma paling mahal yang dibudidayakan di Uni Emirat Arab.

Di pasar internasional, kurma Ajwa, Medjool (Madhool), Deglet Noor, Sukkari, dan Khalas adalah kurma-kurma paling mahal.

Faktor penentuan kualitas dan harga kurma Madjool contohnya, harus dikembangkan di iklim yang sangat kering dan juga butuhin sumber air yang baik.

Baca Juga: Ternyata Ini Penjelasan Kenapa Memejamkan Mata Membantu Mengingat Sesuatu

Area spesifik yang dibutuhin untuk tanem kurma jenis ini nyebabin jumlah lahan penanaman lebih kecil atau produksi yang lebih terbatas.

Asal dari pohon palem yang menghasilkan kurma juga sangat penting. Harga kurma sangat bervariatif, mulai dari Rp.84.000 sampe Rp.420.000 perkilonya sob.

Wah kalo gini sih, bisa-bisa anak kosan nggak makan semingguan demi kurma!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest