Follow Us

Hari Bumi 2020: Kuy Upgrade Pengetahuan, Jangan Cuma Tahu 3R Doang!

Al Sobry - Rabu, 22 April 2020 | 13:08
sebaiknya jangan cuma tahu 3R, yaitu Reuse, Reduse dan Recycle doang.
@alsobry

sebaiknya jangan cuma tahu 3R, yaitu Reuse, Reduse dan Recycle doang.

HAI-Online.com - Dalam merayakan hari bumi internasional, yuk upgrade pengetahuan kita soal menjaga bumi dan lingkungannya.

Seperti dalam semboyan warga Betawi asli, lingkungan kalo bukan kita yang jaga, siapa lagi?

Nah, sebagai anak muda, sebaiknya kita jangan cuma tahu 3R, yaitu Reuse, Reduse dan Recycle doang. Ketiga hal ini pun, kalo boleh jujur ya masih teramat jarang dilakukan. Iya kan, ngaku?

Baca Juga: Restoran di Belgia Ini Sajikan Air Minum Daur Ulang dari Toilet

Nah, mulai sekarang yuk dipraktekin wawasanmya dan pengetahuan soal menjaga alam biar tetap seimbang ini juga ditambah lagi dengan dua R yang lainnya. Apaan aja tuh, bro? Nih baca dah!

1. Rethink

Udah saatnya nih berpikir lebih dulu sebelum bertindak.

Contohnya nih, dalam produk keseharian yang mau lo beli ada nggak eco-label yang tertera. Kalo pun belum ada, coba pikirkan efek samping membeli barang tersebut. Apakah jika setelah digunakan, bakal jadi sampah berarti di lingkungan, kalo iya maka ganti dengan yang lebih ramah.

Misal daripada beli air botol kemasan tiap harinya, coba ganti beli yang gedean dikit pake air galon, lalu modal juga beli tumbler, nah tiap hari lifestyle minumnya diubah, semoga alam jadi berkah.

Baca Juga: Toko Buku di Italia Ini Bisa Tukarkan Sampah Daur Ulang dengan Buku

2. Reuse

Sesuai artinya, gencarkan lagi deh sob untuk menggunakan kembali barang yang udah dibeli, jangan dijadiin sampah dan nggak digunakan lagi.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest