Follow Us

Restoran di Belgia Ini Sajikan Air Minum Daur Ulang dari Toilet

Ricky Nugraha - Selasa, 22 Oktober 2019 | 12:30
Ilustrasi air minum
Rawpixel/Pixabay

Ilustrasi air minum

HAI-online.com - Sebuah restoran di Belgia bernama Gust'eaux mengungkapkan bahwa mereka mulai menyajikan air minum gratis hasil daur ulang wastafel dan toilet.

Sekilas, air yang disajikan restoran yang berada di Kuurne ini sama dengan air biasa yang nggak berbau, nggak berasa dan nggak berwarna.

Gust'eaux menggunakan metode pemurnian lima langkah sehingga mampu mengubah limbah toilet menjadi air yang kemudian ditambahkan mineral sebelum disajikan ke konsumen.

Restoran Belgia ini disebut nggak terhubung dengan saluran pembuangan kota, sehingga manajemen harus mencari solusi mengatasi masalah limbah.

Baca Juga: Lagi Rame Aplikasi Gradient, Keamanan Privasinya Kembali Dipertanyakan

Berdasarkan metode unik daur ulang, toilet dan air wastafel awalnya "dibersihkan" menggunakan pupuk tanaman. Sebagian dicampur dengan air hujan yang dikumpulkan.

Air yang dicampur dengan air hujan bakal digunakan menyiram toilet. Sisanya melewati serangkaian pemurnian sebelum menjadi air minum yang disajikan.

Air itu terlalu murni untuk diminum. Jadi kami menambahkan mineral guna membuatnya lebih sehat," ujar perwakilan restoran kepada VRT News.

Restoran menyatakan, mereka menyajikan air daur ulang itu dalam berbagai bentuk. Baik itu diminum, berbentuk es batu, hingga disajikan dengan bir.

Baca Juga: Tutup Akhir Oktober, Semua Konten di Yahoo! Groups Bakal Dihapus Permanen Desember Mendatang

Menurut Sudinfo, sistem pemurnian seperti di Gust’eaux pernah digunakan untuk menyediakan air minum di komunitas yang terpencil. Namun, cara tersebut belum pernah terjadi di Eropa.

Source : Kompas.com, Oddity Central

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest