Follow Us

Robert Plant Ungkap Alasan 'Kashmir' Jadi Lagu Led Zeppelin Favoritnya Sepanjang Masa

Bagas Rahadian - Sabtu, 11 April 2020 | 19:30
Robert Plant
Wikimedia Commons

Robert Plant

HAI-Online.com - Bagi para penikmat musik Led Zeppelin, mungkin adalah hal yang sulit untuk menentukan satu lagu terbaik di antara sekian banyak lagu keren yang diciptakan band rock legendaris tersebut.

Namun, di mata sang vokalis Robert Plant, hanya ada satu lagu Led Zeppelin yang paling 'keramat' untuknya, yang ternyata bukan 'Stairway Of Heaven'.

Dan, lagu tersebut adalah 'Kashmir'.

Hal ini pernah Plant ungkapkan dalam wawancara dengan Rolling Stone beberapa tahun lalu, di mana ia menyebut lagu dari album studio ke-6 Led Zeppelin itu memiliki kesan tersendiri baginya.

"(Lagu) 'All My Love' dan 'In the Light' dan lainnya memang merupakan momen terbaik," ucap Plant, dikutip dari Farout Magazine.

"'Kashmir' terutama. Lagu itu sangat positif secara lirik. Lagu itu adalah pencarian, perjalanan, dan eksplorasi yang saya dan Page (gitaris) lakukan ke tempat terpencil nun jauh. Bagi saya, itu adalah esensi sesungguhnya dari Led Zeppelin," ujar Plant lagi.

Plant telah sempat beberapa kali mengungkap asal-usul terciptanya lagu dengan lirik magis tersebut, yang mana terinspirasi dari perjalanannya bersama Jimmy Page ke Maroko.

Baca Juga: Beri Penghormatan ke Led Zeppelin, Anak Cowok John Bonham Kembali Ikut Tur

Saat itu, kedua personel Led Zeppelin tersebut menempuh perjalanan berjam-jam dengan menggunakan mobil dan menyusuri kawasan tandus yang dikelilingi bukit berbatu di wilayah pesisir negara Afrika Utara tersebut.

Seolah sedang menempuh perjalanan tanpa akhir dengan aspal lurus tak berujung, mereka pun menulis sebuah lagu yang awalnya berjudul "Driving to Kashmir".

Dalam wawancara tahun 2018 pun, Plant sempat menyinggung kembali alasan 'Kashmir' sampai saat ini masih ia nilai sebagai karya musik yang epik.

"Merupakan sebuah pencapaian besar untuk menemukan potongan musik yang sangat dramatis dan lirik yang cukup ambigu, serta penyampaian yang nggak terlalu dilebih-lebihkan," kata Plant.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest