Follow Us

Bantu Tangani Pandemi Corona, ITB Produksi Pelindung Wajah Gratis untuk Petugas Medis

Bayu Galih Permana - Rabu, 08 April 2020 | 15:15
Face shield buatan ITB
Dok ITB/Dr IR Yuli Setyo Indartono

Face shield buatan ITB

HAI-Online.com - Sejak pandemi virus corona menyerang, alat kesehatan seperti pelindung wajah menjadi salah satu benda langka, padahal ini sangat dibutuhkan oleh petugas medis untuk menangani pasien Covid-19.

Berkaca pada kondisi tersebut, tim Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB) memutuskan untuk memproduksi pelindung wajah gratis yang akan dibagikan kepada para petugas medis.

Menurut salah seorang dosen di FTMD ITB, Dr IR Yuli Setyo Indartono, pelindung wajah ini dibuat ringan dan nyaman untuk melingkupi wajah hingga telinga para petugas medis sehingga dapat meminimalisir paparan droplet dari pasien.

"Face Shield ini saat ini menjadi standar dokter untuk menghindarkan percikan droplet dari pasien," ujar Yuli, seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Sembuh dari Corona, Walikota Bogor Bima Arya Mau Nulis Buku Pengalamannya Jadi Pasien Covid-19

Untuk komponennya sendiri, pelindung wajah buatan ITB ini terbuat dari rangka berdiameter 18 cm, visor pelindung 24 x 31 cm, dan karet pengikat akrilik 0,2 mm.

"Lapisan dalam diberi busa tipis sehingga cukup kokoh tapi nyaman untuk digunakan dalam jangka panjang," ujar Yuli menambahkan.

Frame dan rubber band, bagian dalamnya dilapisi busa tipis.
Dok ITB/Dr IR Yuli Setyo Indartono

Frame dan rubber band, bagian dalamnya dilapisi busa tipis.

Selain itu, pelindung wajah buatan mereka bukan termasuk benda sekali pakai karena bagian frame dan shield sangat mudah untuk disterilisasi, baik memakai alkohol ataupun pembersih lain.

Sejauh ini 710 face shield gratis sudah dikirimkan pada 37 fasilitas kesehatan di berbagai wilayah yaitu Riau, Jambi, Jakarta, Jawa Barat, hingga Mataram.

Baca Juga: Zoom Dikabarkan Nggak Aman, Ini 6 Aplikasi Meeting Online Alternatif

Nggak cuma pelindung wajah, Yuli dan tim juga membuat kabin sterilisasi masker N95 karena dinilai kebutuhannya semakin tinggi tapi sulit didapat dan mahal harganya di pasaran.

Wah, keren sob! Gimana universitas-universitas tanah air lainnya, nggak tertarik untuk melakukan hal serupa? (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "ITB Produksi Face Shield Gratis untuk Petugas Medis Tangani Corona".

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest