Follow Us

Caranya Kurang Tepat, Ini 5 Kesalahan Orang Berjemur yang Bikin Gagal Sehat

Al Sobry - Rabu, 01 April 2020 | 09:18
Berjemur

Berjemur

HAI-online.com - Berjemur di bawah matahari langsung sedang ramai dilakukan warga yang melaksanakan tugas #dirumahaja.

Niat mendapatkan manfaat sehat dan bisa mempertahankan diri dari virus corona dengan imun yang bertambah kuat malah nggak tercapai kalo nggak tahu cara berjemur yang tepat.

Makanya HAI beberkan apa saja kesalahan yang sering dilakukan orang ketika berjemur, biar bisa belajar dan nggak melakulan hal yang sama.

Baca Juga: Vitamin D3 Tingkatkan Imun Tubuh Orang yang Berjemur, Cek Waktu Maksimalnya!

1. Kepagian

Waktu yang tepat untuk menjemur badan yang sedang membutuhkan ultraviolet B, sebaiknya dilakukan saat sinar UV B muncul di jam gilirannya.

Sudah HAI bahas sebelumnya sebaiknya tunggu kemunculan UVB pada jam yang tepat, biasanya mulai dari pukul 10.00-11.00 pagi.

"Yang (tubuh) kita butuhkan sebetulnya adalah ultraviolet B. Sinar gelombang ini lebih pendek. Jadi itu sebabnya kita harus tunggu sedikit mataharinya (lebih) naik. Jadi, buat kita yang berada di katulistiwa, jam 10 sudah ada. Itulah alasannya kita berjemur jam 10.00," ujar Tan.

Sementara itu, tubuh kita tidak membutuhkan ultraviolet A, penyebab melanoma (penyakitbkanker kulit) yang biasanya muncul pada pukul 06.00-07.00 pagi.

2. Berjemur di Bawah Matahari Langsung

Seperti yang kita pernah pelajari, planet bumi temlat kita tinggal ini diselubungi lapisan ozon sebagai pelindungnya di atmosfer.

Sayangnya, belakangan ini lapizan ozon kita sudah mulai rusak karena ulah kita sendiri. Hal ini menyebabkan sebagian sinar matahari bisa tembus langsung ke permukaan bumi.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest