Follow Us

Berikut 50 Lagu Paling Ikonik Sepanjang Masa Menurut Penelitian. Nomor Satu Bukan Bohemian Rhapsody

Alvin Bahar - Rabu, 01 April 2020 | 19:00
10 Cover Album Dengan Desain Terbaik Sepanjang 2016 versi Fubiz.net
Kolase HAI

10 Cover Album Dengan Desain Terbaik Sepanjang 2016 versi Fubiz.net

HAI-ONLINE.COM - 28 tahun lalu, Nirvana tampil pertama kalinya secara live ngebawain lagu yang di kemudian hari jadi salah satu lagu paling ikonik sepanjang masa, Smells Like Teen Spirit.

Klaim ini bukan hanya sebatas asumsi loh, faktanya lagu yang masuk di album Nevermind ini berhasil masuk di posisi teratas daftar 50 lagu paling ikonik sepanjang masa yang disusun berdasarkan hasil riset Goldsmith University of London pada tahun 2015 lalu.

Hasil riset ini sendiri disusun oleh ilmuwan komputer dan juga musisi, Dr. Mick Grierson. Yang juga melibatkan berbagai referensi dari media musik terkenal seperti Rolling Stone, V-H1, NME, dan Q Magazines.

Doi kemudian menggunakan software analisis buat mencari tahu apa yang bikin lagu-lagu ini jadi ikonik. Mulai dari nada dan kunci, jumlah beat per menit, variasi kord, hingga konten lirik.

“Kami menemukan persamaan dari lagu-lagu ini yang paling siginifikan adalah kebanyakan lagu yang yang ada dalam daftar ini menggunakan komposisi suara yang sangat bervariasi. Ini yang bikin suara dari rekaman yang dilakukan jadi sangat menarik, dan menarik perhatian para pendengar,” kata Dr. Grierson seperti dikutip dari Daily Mail.

Selain itu, Dr. Grierson juga menemukan fakta unik lainya seputar lagu paling ikonik yang masuk dalam daftar ini. Mayoritas lagu-lagu di dalam daftar ini sering memasukkan kata “Baby’, “Feel”, “Love” dan “Nah”.

Baca Juga: Cowok Wajib Bisa Ngerawat Muka: 5 Tips untuk Tetap Menjaga Wajah Lo Nggak Kusam

Selain itu, ia juga menemukan fakta kalo ada beberapa kata yang sering diulang-ulang dalam satu lagu, Seperti ‘Generation’, ‘Hallelujah”, dan “Every Breath”.

Selain lagu Smells Like Teen Spirit milik Nirvana, tercatat ada beberapa lagu legendaris yang masuk dalam daftar ini. Seperti lagu Imagine (John Lennon), One (U2), Billie Jean(Michael Jackson), hingga Bohemian Rhapsody milik Queen.

Meskipun rata-rata diisi oleh lagu dari band-band legendaris, menurut Dr. Grierson, nggak ada formula pasti agar sebuah lagu bisa diingat dengan mudah oleh para pendengarnya.

Nggak ada ‘magic formula’ yang bisa diterapkan buat bikin sebuah lagu jadi ikonik dan disukai pendengarnya. Begitu juga dengan daftar lagu paling ikonik yang disusunnya.

“Meskipun menggunakan metode ilmiah, apa yang dipertimbangkan sebagai lagu yang ikonik akan berbeda dari masing-masing individu,” jelas Dr. Grierson. Biar nggak tambah penasaran, ini dia daftar lengkap 50 lagu paling ikonik sepanjang masa menurut Dr. Grierson:

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest