Follow Us

Rumah Sakit di Solo Gratiskan Biaya Pemeriksaan Virus Corona, Begini Prosedurnya

Bayu Galih Permana - Kamis, 19 Maret 2020 | 12:45
Ilustrasi virus corona
via T24

Ilustrasi virus corona

HAI-Online.com - Buat warga kota Solo dan sekitarnya yang ingin melakukan pemeriksaan virus corona namun ditakutkan masalah biaya, langsung aja datang menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Moewardi Solo.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, RSUD Dr. Moewardi Solo nggak membebankan biaya bagi siapa saja yang ingin memeriksakan diri apakah mereka terinfeksi Covid-19 atau tidak.

Kepastian ini sendiri disampaikan oleh Staf Posko Tanggap Covid-19 RSUD Dr. Moewardi Solo ketika dihubungi pada Selasa (17/3) kemarin.

Selain nggak dibebani biaya, untuk melakukan pemeriksaan virus corona, pasien juga nggak perlu meminta rujukan dari fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan hanya perlu melapor terlebih dahulu ke Posko Covid-19 RSUD Dr, Moewardi.

Baca Juga: Terpisah Karena Isolasi Corona, Momen Haru Bocah Bertemu Kembali dengan Ibunya yang Sembuh Ini Viral

"Tidak ada biaya untuk pemeriksaan Covid-19 di Moewardi. Jadi gratis, asalkan datang dan melapor ke Posko Covid-19 di RS Moewardi. Letaknya ada di samping IGD. Tidak perlu rujukan, langsung datang saja," ujar Angga.

Untuk prosedurnya sendiri, peserta tes akan menjalani screening terlebih dahulu, sebelum kemudian mendapat pemeriksaan awal berupa pemeriksaan lab dan radiologi.

Dari hasil pemeriksaan itu lah, dokter kemudian akan memutuskan apakah yang bersangkutan ada indikasi terinfeksi Covid-19.

"Prosedurnya nanti kita screening dulu. Setelah itu, ada pemeriksaan awal berupa pemeriksaan lab dan radiologi. Dari situ nanti dokter akan memutuskan apakah ada indikasi untuk tindak lanjut selanjutnya," jelasnya lebih lanjut.

Baca Juga: Jahe Merah Enak Dikonsumsi Waktu Hujan dan Ningkatin Imun Tubuh

Dalam proses screening ini pula, nantinya dokter bisa memutuskan apakah pasien masuk dalam pengawasan (PDP) atau orang dalam pemantauan (ODP) di mana perlu dilakukan karantina atau alternatif isolasi mandiri di rumah.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular