Follow Us

Racikan Hand Sanitizer Buatan Sendiri yang Salah Prosedur Bisa Timbulkan Masalah

Bayu Galih Permana - Rabu, 18 Maret 2020 | 18:10
ilustrasi hand sanitizer
aboblist.com

ilustrasi hand sanitizer

HAI-Online.com - Sejak virus corona mewabah, sejumlah produk kebersihan mendadak langka di pasaran seiring tingginya permintaan masyarakat dan banyaknya oknum nakal yang melakukan penimbunan untuk meraup keuntungan pribadi, tak terkecuali hand sanitizer.

Untuk menyiasati hal tersebut, masyarakat pun memutar otak dengan cara membuat hand sanitizer sendiri berbekal informasi-informasi yang beredar di internet.

Melihat fenomena ini, sejumlah ahli mengingatkan supaya masyarakat lebih berhati-hati ketika menggunakan hand sanitizer buatan mereka sendiri, bahkan merekomendasikan untuk nggak memakainya sama sekali.

Baca Juga: Dian Sastro Ikut Nyanyi di Single Baru Diskoria, Tampil Bak Ratu Dansa 80-an

Takaran kurang pas

Menurut rekomendasi Center for Disease Control and Prevention (CDC), kadar alkohol yang efektif menangkal mikroba yakni 60-95 %.

Baca Juga: Dari Blaise Matuidi Hingga Mikel Arteta, Berikut Daftar Pelaku Sepak Bola yang Positif Virus Corona

Beberapa resep mungkin menyarankan hal yang serupa, namun hal itu bukan jaminan seseorang bisa mengukurnya dengan tepat.

Seperti diungkap Asisten profesor kesehatan masyarakat dari University of California, AS, Daniel Parker, kepada CNN, (3/3/2020) lalu.

"Saya khawatir, orang yang bikin hand sanitizer sendiri takarannya tidak pas," katanya.

Disisi lain Kepala Medis WebMD, John Whyte, MD, juga menyatakan hal yang sama, di mana perhitungan asal-asalan membuat bahan aktif tersebut tak mempan jadi antimikroba.

Source : Grid Health

Editor : Al Sobry

Latest