Follow Us

Apa itu Social Distancing? Yang Jadi Saran Presiden Jokowi untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Bayu Galih Permana - Senin, 16 Maret 2020 | 13:01
Ilustrasi social distancing
via Forbes

Ilustrasi social distancing

HAI-Online.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo baru-baru ini meminta masyarakat untuk menerapkan social distancing untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona di tanah air.

Dilansir dari Kompas.com, pernyataan mengenai social distancing ini sendiri disampaikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dalam konferensi pers di Istana Bogor pada Minggu (15/3) kemarin.

Melihat kondisi yang terjadi di tanah air saat ini, Jokowi menilai bahwa social distancing menjadi salah satu cara paling efektif untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Dengan kondisi ini, saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Yang penting saat ini adalah social distancing, bagaimana kita menjaga jarak (dari kerumunan)," ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Kabar Cristiano Ronaldo Ubah Hotelnya Jadi Rumah Sakit untuk Pasien Virus Corona Ternyata Cuma Hoaks

Berikut panduan untuk mencegah penyebaran virus corona dengan social distancing:

1. Hindari kontak dekat orang lain

Ahli epidemiologi UC San Francisco Jeff Martin, MD, MPH, dan George Rutherford, III, MD, menjelaskan, social distancing adalah kunci hidup untuk beberapa waktu ke depan.

Dia menganjurkan untuk menghindari kontak dekat dengan orang lain untuk menghindari penangkapan virus sendiri dan untuk menghindari menularkannya.

2. Social distancing meluas ke tindakan pencegahan di lingkungan

Menurut Martin, social distancing juga dapat secara efektif meluas ke tindakan pencegahan lingkungan seperti mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh yang mungkin menularkan virus.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest