Follow Us

Sembuh! Hasil Tes Empat Pasien Terjangkit Virus Corona di Indonesia Berubah Jadi Negatif

Bayu Galih Permana - Kamis, 12 Maret 2020 | 12:30
Ilustrasi virus corona
via T24

Ilustrasi virus corona

HAI-Online.com - Mengalami perubahan hasil tes dari yang semula positif menjadi negatif, empat orang pasien terinfeksi virus corona di Indonesia dilaporkan berhasil sembuh.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, pasien yang berhasil sembuh tersebut saat ini masih menjalani tahap isolasi di RSUP Persahabatan Jakarta Timur (2 pasien) dan RSPI Sulianti Saroso Jakarta Utara (2 pasien).

Menurut laporan, dua orang yang berhasil sembuh di RSUP Persahabatan adalah pasien 06 (kru kapal pesiar Diamond Princess) dan juga 14 (WNI berusia 50 tahun yang diduga tertular ketika berada di luar negeri).

Hingga kini, keduanya masih dirawat di RSUP Persahabatan karena pasien terinfeksi virus corona bisa dinyatakan sembuh apabila pada pemeriksaan laboratorium kedua hasilnya negatif.

Menurut keterangan Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah, kedua pasien tersebut dinyatakan negatif berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium pertama.

Baca Juga: Lagi di Australia, Bintang 'Forrest Gump' Tom Hanks Positif Terinfeksi Virus Corona

Maka dari itu, pihak RSUP Persahabatan sendiri hingga kini masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium kedua dari Litbangkes Kementerian Kesehatan.

"Ya memang kami menunggu hasil dari litbang, kalau hasil dari litbang itu menyatakan dua pemeriksaan terakhir ini negatif, maka yang ini akan dipulangkan karena selama ini pasien dirawat. Kami tinggal nunggu hasil dari litbang," terang Rita pada Rabu (11/3) kemarin.

Sementara itu, dua lainnya yang berhasil sembuh dari Covid-19 merupakan pasien 03 dan 10 dari RSPI Sulianti Saroso, di mana keduanya telah menjalani dua tes Litbangkes Kementerian Kesehatan.

"(Pasien yang dinyatakan negatif virus corona) WNI jenis kelamin perempuan dan WNA jenis kelamin laki-laki," ungkap Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Muhammad Syahril dalam sesi konferensi pers.

Baca Juga: Menginfeksi 118 Negara, WHO Naikkan Status Coronavirus Jadi Pandemi

Dengan hasil tersebut, kedua pasien tersebut akan segera diperbolehkan untuk pulang ke kediaman masing-masing pada Kamis (12/3) ini.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest