Follow Us

Masih Pada Sering Ngasal, Begini Lho Cara Menyalakan Motor Injeksi yang Benar

Bayu Galih Permana - Rabu, 29 Januari 2020 | 15:00
Lampu MIL pada motor injeksi
via Otomotif Kompas

Lampu MIL pada motor injeksi

HAI-Online.com - Nggak bisa dipungkiri, banyak orang yang selama ini sering asal-asalan ketika menyalakan sepeda motor injeksi mereka, salah satunya yaitu dengan langsung menekan tombol starter setelah kunci diputar ke posisi on.

Menurut keterangan Kepala Mekanik Bengkel AHASS Cahaya Sakti Motor Sragen, Joko Purnomo, pengendara diminta untuk menyalakan mesin kendaraan mereka saat lampu oranye pada bagian speedometer berhenti menyala.

Dikenal dengan sebutan Malfunction Indicator Lamp (MIL), lampu oranye pada speedometer ini biasanya akan menyala beberapa detik usai kunci kontak diputar ke posisi menyala.

Memegang peranan cukup penting pada motor injeksi, lampu MIL punya tugas untuk memberitahu pengendara apakah kendaraan mereka dalam keadaan rusak atau nggak.

Baca Juga: Bisa Rusak Kalau Salah Langkah, Ini yang Wajib Dilakukan Saat Motor Injeksi Kehabisan Bensin

“Jadi jangan langsung menyalakan mesin setelah kunci kontak di on kan tetapi tunggu dulu sampai lampu indikator atau MIL ini mati dulu, dengan begini, kita tahu motor kita sehat dan aman digunakan,” ungkap Joko seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Ketika motor mengalami masalah, lampu MIL akan menunjukkan tanda berupa kedipan, di mana jumlahnya sesuai dengan kerusakan yang terdeksi.

“MIL itu kan fungsinya untuk memastikan bahwa sensor sudah bekerja semuanya dan kondisi kendaraan aman (tidak ada kerusakan). Jadi kalau kendaraan langsung dinyalakan tanpa menunggu MIL mati tidak bisa diketahui kalau terjadi kerusakan," terangnya menambahkan.

Berikut cara mendeteksi kerusakan sistem injeksi dari kedipan lampu MIL:

  • 1X Kedipan permasalahan pada Manifol Absolute Presure (MAP)
  • 7X kedipan permasalahan pada Engine Coolant Temperature (ECT)
  • 8X kedipan permasalahan pada Throtle Position (TP)
  • 9X Kedipan permasalahan pada Intake Air Temperature (IAT)
  • 12X kedipan permasalahan pada injector
  • 29X kedipan permasalahan pada Indle Ari Control Valve (IACV)
  • 33X kedipan permasalahan pada Engine Control Module (ECM)
  • 52X kedipan permasalahan pada Crankshaft Position (CKP)
  • 54X kedipan permasalahan pada sensor bank Angel
Baca Juga: Bocah Penggemar Slipknot yang Viral Akhirnya Ketemu Langsung Idolanya dan Diajakin ke Panggung

Untuk jenis ada kedipan lama dan sebentar, misalnya jumlah kedipan 54 ditunjukkan dengan 5 kedipan lama dan 4 kedipan pendek.

Gimana, sekarang udah tahu kan sob? Jadi, jangan sampai salah lagi ya. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest