Follow Us

Bisa Rusak Kalau Salah Langkah, Ini yang Wajib Dilakukan Saat Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Bayu Galih Permana - Jumat, 17 Januari 2020 | 16:20
Ilustrasi motor mogok karena kehabisan bensin.
via Motorplus

Ilustrasi motor mogok karena kehabisan bensin.

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, kehabisan bensin merupakan salah satu hal yang paling diharamkan bagi pengguna motor bermesin injeksi karena dianggap dapat merusak komponen fuel pump yang ada pada mesin kendaraan.

Meskipun hal tersebut nggak sepenuhnya benar, ada sejumlah langkah yang wajib dilakukan ketika motor bermesin injeksi kehabisan bensin di tengah perjalanan.

Menurut penjelasan Aldi dari bengkel Fas 100, pengendara yang kehabisan bensin disarankan untuk segera menepi ke tempat aman sebelum kemudian meninggalkan kendaraannya guna membeli bahan bakar.

Namun, setelah bensin sudah masuk ke dalam tangki, pengendara nggak boleh langsung menyalakan motor miliknya.

Baca Juga: Hobi Gambar Selebriti Dunia, Cowok Ini Punya Banyak Penggemar Berkat Hasilnya yang Amburadul

Pengendara motor injeksi diminta untuk memutar kontak dari posisi off ke on hingga terdengar suara fuel pump mati, dan mengulanginya sebanyak lima kali.

"Putar kunci kontak, dari Off ke On, tunggu sampai suara fuel pump mati baru off, kemudian di-On kembali. Lakukan putar kunci kontak Off ke On selama 5 kali," jelas Aldi seperti dikutip HAI dari GridOto.com.

Bukan tanpa alasan, memutar kunci kontak dari posisi off ke on selama kali ternyata bertujuan supaya fuel pump menghisap bensin terlebih dahulu dan membuang angin palsu.

"Tujuannya biar fuel pump menghisap bensinnya terlebih dahulu dan membuang angin palsu. Kalau langsung dinyalakan biasanya motor enggak mau nyala, sekalinya nyala malah brebet," terangnya menambahkan.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Langkah Ini Harus Segera Dilakukan Saat Lampu Indikator Suhu Motor Menyala

Ketika dirasa telah cukup, motor baru boleh dinyalakan seperti biasa, baik dengan cara diengkol maupun menggunakan starter elektrik.

"Kalau motornya masih ada kick starternya boleh diengkol, tapi yang enggak ada langsung pencet starter enggak masalah," tutup Aldi.

Gimana, sekarang udah tahu kan sob? Maka dari itu, jangan sampai salah langkah lagi ya! (*)

Source : GridOto.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular