Follow Us

Punya Dampak Baik bagi Kesehatan, Ini 5 Manfaat Minum Air Putih Hangat untuk Memulai Hari

Bayu Galih Permana - Jumat, 17 Januari 2020 | 18:00
Ilustrasi minum air putih
undark.org

Ilustrasi minum air putih

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, sebagian besar orang selama ini mempunyai cara tersendiri untuk memulai hari mereka, salah satunya dengan menyeruput minuman-minuman seperti kopi, teh, maupun air mineral biasa.

Meskipun kebiasaan tersebut mempunyai dampak positif bagi tubuh, sejumlah pakar dan juga ahli lebih menyarankan orang-orang untuk meminum air putih hangat sebelum memulai hari dengan berbagai macam aktivitas.

Hal tersebut nggak lepas dari manfaat air putih hangat yang ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh, baik untuk menjaga metabolisme hingga sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari Kompas.com, berikut HAI udah merangkum 5 dampak positif meminum air putih hangat sebelum memulai hari terhadap kesehatan.

Baca Juga: Berhasil Selamat 5 Kali dari Kepunahan Massal di Bumi, Ilmuwan Temukan Kelemahan Hewan Terkuat di Dunia

1. Memperlancar pencernaan

Meminum air putih hangat saat perut dalam keadaan kosong di pagi hari diketahui membantu proses pencernaan karena minuman hangat mempunyai efek vasodilator.

Buat kalian yang belum tahu, efek vasodilator dapat melebarkan pembuluh darah dan merangsang aliran darah supaya bergegas menuju usus.

Selain itu, minum air putih hangat di pagi hari juga dapat menghidrasi tubuh lebih cepat sehingga ketika makan setelah minum air putih hangat, suhu hangatnya membantu mengemulsi lemak agar asupan lebih gampang dicerna.

2. Membantu pengeluaran racun

Minum air putih hangat bisa membantu meningkatkan suhu utama tubuh, dengan begitu kelenjar keringat terangsang dan racun dalam tubuh ikut keluar.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest