Follow Us

Suka Kebiasaan Makan Es Batu Ternyata Tanda Adanya Masalah Kesehatan, Cek Deh!

Bayu Galih Permana - Rabu, 15 Januari 2020 | 17:40
Ilustrasi es batu
PIXABAY/MYRIAMS-FOTOS

Ilustrasi es batu

HAI-Online.com - Hayo ngaku, siapa di antara kalian yang selama ini mempunyai hobi makan es batu sob? Kalau kamu salah satunya, kebiasaan itu nampaknya harus dikurangi atau malah harus dihilangkan deh sob.

Seperti dilansir dari Medical News Today, kebiasaan makan es batu dapat merusak kesehatan gigi karena makanan dingin dapat merusak email atau lapisan putih yang selama ini bekerja sebagai pelapis sekaligus pelindung.

Apabila berlangsung secara terus menerus, kondisi email gigi yang rusak dapat mengakibatkan memudarnya warna, lubang, hingga retak pada organ yang biasa dipakai untuk mengunyah makanan tersebut.

Walaupun tak kelihatan secara mata telanjang, keretakan gigi bisa mencapai jaringan halus pada gigi yang berisi saraf dan pembuluh darah.

Baca Juga: Perlu Diperhatiin, Ini 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Cuci Tangan

Tekanan kuat pada gigi seperti ketika orang-orang memakan es batu diketahui dapat membuka retakan tersebut dan mengiritasi pulpa.

Akibatnya, gigi pun jadi terasa lebih sensitif pada makanan atau minuman yang suhu dan rasanya ekstrem, di mana hal tersebut berujung pada timbulnya rasa ngilu.

Selain nggak baik bagi kesehatan, kebiasaan mengunyah atau makan es batu disebut pagophagia yang merupakan bagian dari pica, penyakit yang membuat pengidapnya memiliki orientasi nggak lazim terhadap makanan.

Pica jamak menyertai gangguan mental lain seperti autisme, skizofrenia, dan membuat orang-orang mendambakan makanan yang nyata-nyata tidak memiliki kandungan gizi.

Pica umumnya menyerang anak, sedangkan gangguan perilaku pagofagia dapat memengaruhi orang dewasa dan anak-anak.

Baca Juga: Ngeri! Saking Parahnya, Asap Kebakaran Hutan di Australia Bisa Jangkau Seluruh Penjuru Bumi

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest