Follow Us

Kemdikbud Gandeng Netflix Hadirkan 4 Program untuk Dukung Pertumbuhan Film Indonesia

Ricky Nugraha - Jumat, 10 Januari 2020 | 10:17
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim (kiri), dan Managing Director Netflix Asia Pacific Kuek Yu-Chuang, Kamis (9/1/2020).
KOMPAS.com/ WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWI

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim (kiri), dan Managing Director Netflix Asia Pacific Kuek Yu-Chuang, Kamis (9/1/2020).

HAI-online.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, memberikan apresiasi terhadap Netflix yang menghadirkan tayangan bermutu untuk publik.

Ia mengaku ngefans dengan Netflix karena memiliki banyak konten Indonesia di dalamnya, apalagi kehadiran Netflix jadi sarana perkenalan film-film Indonesia di kancah internasional.

“Saya bersyukur sekali karena saya fans Netflix. Seneng rasanya konten Indonesia semakin lama semakin banyak tampil di Netflix,” kata Nadiem saat jumpa pers di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (9/1/2020), seperti dikutip dari Kompas.com.

Untuk itu, Nadiem bersama Kemendikbud mengajak kerjasama Netflix untuk menghadirkan sejumlah program demi mendukung pertumbuhan perfilman Indonesia.

Baca Juga: Dilarang Tayang karena Mengundang Kontroversi, Netflix Bilang 'Messiah' Cuma Karya Fiksi

Ada 4 program yang disampaikan, yang pertama adalah workshop proses pembuatan film bersama tim Netflix di Jakarta dan Hollywood

Dalam pelatihan ini, Netflix akan memilih 10 orang penulis skenario yang akan diterbangkan ke Hollywood untuk mengikuti pelatihan pada bulan Maret mendatang.

Akan tetapi sebelumnya, adapun 100 orang script writer yang akan terlebih dahulu mengikuti pelatihan di Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar kualitas sumber daya manusia dari segi penulis skrip bisa punya kemampuan lebih.

Program kedua adalah kompetisi film pendek. Tema yang dipilih dalam kompetisi ini adalah Pancasila, yang dimaksudkan sebagai langkah untuk memajukan perfilman Indonesia. Hadiahnya 600.000 dollar AS atau sekitar Rp 8,3 miliar. Gokil nggak tuh?

Baca Juga: Situs dan Aplikasi Turunan IndoXXI Ternyata Masih Bisa Diakses

Menurut Sheila Timothy sebagai perwakilan dari Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI), tema tersebut sangat menarik karena bisa digali beragam sisi dari humanis hingga multikultural kebudayaan.

Kemudian dua program lainnya adalah Online Safety Training Program dan Agile Governance workshops bersama World Economic Forum.

"Kami apresiasi Netflix yang memberikan dukungan terhadap pertumbuhan perfilman Indonesia. Kemitraan ini kita lakukan sebagai upaya mendukung dan menginternasionalkan produksi film anak bangsa," ujar Nadiem Makarim.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest