Follow Us

Teknologi Ini Disebut Bakal Gantikan Tombol Engine Start/Stop Pada Mobil

Ricky Nugraha - Selasa, 07 Januari 2020 | 19:35
Tombol starter All New Ertiga Sport
F Yosi

Tombol starter All New Ertiga Sport

HAI-online.com - Anak kunci kini mulai ditinggalkan penggunaannya pada mobil modern, yang kini mulai dilengkapi dengan kunci remote atau imobilizer.

Saat remote berada dalam jangkauan aktivasi, maka untuk menyalakan mobil cukup dengan menekan tombol di dasbor.

Teknologi ini merupakan salah satu bentuk evolusi dari kunci kontak konvensional. Namun, sistem ini pada mobil juga belum bisa dikatakan aman sepenuhnya.

Ini dibuktikan dengan beberapa kasus pencurian, dimana pencuri tetap saja bisa membobol mobil yang telah dilengkapi dengan teknologi tersebut.

Baca Juga: Biar Nggak Jatuh dari Motor, Begini Teknik Mengerem yang Benar Pas Lewat Jalanan Banjir

Menurut prediksi perusahaan teknologi Synaptics, perkembangan evolusi kunci kontak di masa depan nanti akan berganti ke tombol dengan sistem pemindai sidik jari alias finger print.

"Tombol start dan remote tidak akan digunakan terus, tapi bisa berganti ke tombol dengan finger print," kata wakil presiden Synaptics, Godfrey Cheng, seperti dikutip dari Carscoops.

"Bisa jadi selain kemampuan menganalisa sidik jari, juga bisa ke arah pengenal wajah, suara dan indera lainnya," imbuhnya.

Pemikiran ini berdasarkan pada smartphone saat ini, yang sudah punya kemampuan tersebut. Jadi, bukan nggak mungkin jika teknologi ini bisa juga dipakai untuk mobil.

Baca Juga: Jangan Langsung Menyalakan Motor yang Habis Terendam Banjir, Ini Alasannya

Prediksi kunci kontak mobil akan pakai finger print
Carscoops.com

Prediksi kunci kontak mobil akan pakai finger print

Pabrikan mobil Hyundai bahkan sudah memulai langkah ini pada seri Santa Fe terbaru mereka.

Jadi, sepertinya tinggal tunggu waktu aja di mana fitur ini bakal jadi populer untuk pasar mobil. Tapi ya belum tentu juga fitur ini bakal sepenuhnya mengamankan mobil dari oknum-oknum jahat. (*)

Source : GridOto.com, Carscoops.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest