Follow Us

Biar Nggak Jatuh dari Motor, Begini Teknik Mengerem yang Benar Pas Lewat Jalanan Banjir

Bayu Galih Permana - Minggu, 05 Januari 2020 | 17:25
Ilustrasi motor menerobos banjir
KOMPAS.COM/MUHAMAD ISA BUSTOMI

Ilustrasi motor menerobos banjir

HAI-Online.com - Beberapa waktu belakangan, hujan sudah mulai mengguyur beberapa wilayah di Indonesia, bahkan mengakibatkan banjir pada sejumlah kawasan, termasuk daerah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sayangnya, saat melintasi genangan, orang seringkali acuh pada keselamatan diri mereka sendiri, salah satunya ketika mengerem laju kendaraan di tengah genangan banjir, padahal kebiasaan itu sangatlah berbahaya.

Menurut penjelasan Senior Manager Safety Riding & Motorsport PT Astra Honda Motor, Anggono Iriawan, pengendara sepeda motor sebaiknya nggak cuma mengerem pada satu sisi saja karena dampaknya bisa fatal.

Ketika bertumpu pada rem depan, sepeda motor yang mereka tumpangi dikhawatirkan akan melintir, begitu pula saat pengendara hanya menarik tuas rem belakang yang ternyata dapat membuat kendaraan tergelincir.

Baca Juga: Sampai Oleng, Viral Penampakan Dua Singa Laut Raksasa Ambil Alih Kapal di Teluk Eld

"Yang terpenting adalah jangan mengerem hanya bertumpu di satu sisi saja. Maksudnya, jangan hanya bertumpu pada rem depan saja karena bikin motor gampang melintir. Sementara kalau hanya pakai rem belakang saja motor gampang sliding," jelasnya seperti dikutip dari GridOto.com.

Anggono menyarankan, pengendara diminta untuk jangan panik ketika melintasi genangan dan melakukan kombinasi antara rem depan serta belakang.

Ilustrasi motor menerobos banjir
GRIDOTO/OKKIE

Ilustrasi motor menerobos banjir

"Jadi kombinasi antar rem depan dan belakang ini sangat penting, Kalau terlalu dalam bisa ngunci, setelah bisa menerabas maka baru cari tempat aman untuk mengecek motor," jelas Anggono menambahkan.

Tuh, dengerin sob! Jadi, mulai sekarang jangan ngasal ya kalau kalian nggak mau tergelincir di dalam genangan banjir. (*)

Source : GridOto.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest