Follow Us

Masih Lumayan Kok, Segini Sisa BBM di Tangki Ketika Indikator Bensin Mulai Berkedip

Bayu Galih Permana - Rabu, 25 Desember 2019 | 19:15
Ilustrasi indikator bensin sepeda motor
via GridOto.com

Ilustrasi indikator bensin sepeda motor

HAI-Online.com - Selama ini, orang-orang seringkali mengira BBM dalam tangki motor mereka tinggal sedikit ketika indikator bensin mulai berkedip, padahal nggak juga lho sob.

Meskipun memiliki perbedaan pada masing-masing tipe maupun merk, seenggaknya sepeda motor masih mempunyai sekitar 1 liter bensin ketika indikator bensin mulai berkedip.

Seperti dilansir HAI dari Motorplus-Online, fakta ini sendiri diungkapkan oleh Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ridwan Arifin.

"Sebetulnya itu tergantung dari tipe motornya, bisa berbeda-beda. Tapi,umumnya indikator bensin mulai berkedip jika bensin di tangki tersisa sekitar 1 liter untuk motor matic. Sementara di motor sport bisa lebih banyak, bisa sekitar 1,5 liter," jelas Ridwan.

Baca Juga: Banyak Orang Nggak Sadar, Ternyata Ada Bahaya Mengintai Saat Mengakses IndoXXI

Dengan sisa bensin tersebut, pengendara motor dengan kapasitas mesin di bawah 150cc masih dapat menempuh jarak hingga 50km.

Sementara itu, motor sport dengan kapasitas mesin 250cc hanya mampu menempuh jarak yang lebih pendek, yaitu sekitar 20 hingga 30km saja.

"Jadi, kalau dikalkulasikan itu bisa menempuh jarak sekitar 40-50 km untuk motor-motor dengan kapasitas maksimal 150 cc. Tapi, kalau di motor sport 250 cc tentu lebih pendek, sekitar 20-30 km saja," terangnya menambahkan.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Beda Sokbreker Tabung Atas dan Tabung Bawah

Walaupun terlihat masih cukup banyak, Ridwan menyarankan pengendara untuk menghilangkan kebiasaan membeli bensin ketika indikator bensin pada kendaraan baru berkedip, apalagi ketika tengah dipakai turing.

"Makanya memang disarankan sekali untuk mulai mengisi bensin sebelum indikator berkedip," tutup Ridwan.

Kalau kalian sendiri gimana sob, selama ini termasuk yang beli bensin di ketika indikator bensin baru berkedip atau pada bar tertentu? (*)

Source : Motorplus Online

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest