Follow Us

Banyak yang Belum Tahu, Ini Beda Sokbreker Tabung Atas dan Tabung Bawah

Ricky Nugraha - Minggu, 22 Desember 2019 | 16:07
Sokbreker belakang pakai Ohlins berukuran 330 mm
Fajrin

Sokbreker belakang pakai Ohlins berukuran 330 mm

HAI-online.com - Kemajuan teknologi di zaman sekarang telah membuat perkembangan komponen sepeda motor juga menjadi semakin canggih.

Salah satunya adalah pada komponen sokbreker belakang, di mana sekarang ini udah banyak yang dilengkapi dengan tabung.

Kalian mungkin udah sering lihat sokbreker ini terpasang di motor. Namun, banyak juga yang mungkin belum tahu apa fungsi sokbreker ini dan apa aja jenisnya.

Tabung pada sokbreker belakang ini memiliki fungsi untuk menstabilkan redaman. Ada dua model sokbreker yang menggunakan tabung, yaitu di bagian atas dan bawah.

Baca Juga: Segini Biaya Perbaikan Motor MotoGP yang Jatuh, Sampai Miliaran Rupiah!

Kedua jenis sokbreker ini memiliki cara kerja yang berbeda, seperti yang dijelaskan oleh Rio Tan, Manager Technical Support PT Enwan Multi Partindo (RCB Indonesia).

"Kalau sokbreker tabung atas, olinya dipompa dulu ke atas, baru nanti ikut ke bawah. Kalau tabung bawah, dia sudah langsung melewati as sokbreker," ujar Rio seperti dikutip dari Kompas.com.

Kalau soal kualitas, menurutnya lebih bagus sokbreker dengan tabung bawah. Sebab, sokbreker jenis tersebut lebih baik dalam menstabilkan redaman.

"Tapi, kadang-kadang sistem atau cara kerja dari sokbreker sendiri berbeda-beda tiap merek," kata Rio.

Baca Juga: Viral Motor Kawin Silang Grand Astrea dan Yamaha NMAX, Segini Biayanya Kalau Mau Ikut Bikin

Selain itu, jika diperhatikan harganya, sokbreker tabung atas dengan tabung bawah juga berbeda. Biasanya, relatif lebih mahal sokbreker dengan tabung bawah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perbedaan Sokbreker Tabung Atas dan Tabung Bawah."

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest