Follow Us

Serupa tapi Tak Sama, Ini Lho Perbedaan Helm Balap Motor dan Mobil

Bayu Galih Permana - Rabu, 04 Desember 2019 | 16:30
Helm balap motor
Pixabay/Noiresur

Helm balap motor

HAI-Online.com - Selama ini, banyak orang yang mengira bahwa helm pada ajang balap motor maupun mobil memiliki spesifikasi yang sama, padahal enggak lho sob.

Meskipun keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang sama, ternyata ada spesifikasi khusus yang membedakan antara helm untuk ajang balap mobil dan motor dalam hal proteksi.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, fakta ini sendiri diungkapkan oleh anggota komunitas pegiat helm dari Belajar Helm, Ahmad M pada Selasa (3/12) kemarin.

Nggak memiliki perbedaan fisik yang signifikan dari segi bentuk, Ahmad mengatakan bahwa helm full face untuk balap motor umumnya memiliki visor yang lebih lebar dibandingkan balap mobil.

Baca Juga: Viral Foto Bocah Jadi Palang Pintu Kereta Api dengan Bentangkan Tali Rafia, Begini Tanggapan PT KAI

"Kalau secara fisik perbedaannya tidak terlalu jauh. Tapi untuk helm jenis full face, visor helm yang peruntukan balap motor lebih lebar daripada helm balap mobil," terang Ahmad.

Perbedaan lain, balap mobil masih memperbolehkan para pebalap untuk menggunakan helm jenis open face, yang biasa sering kita lihat dalam ajang reli.

Helm balap mobil nascar
Pixabay/SchoonIngekaderd

Helm balap mobil nascar

Sementara itu, untuk pebalap F1 dan juga Nascar biasanya menggunakan jenis full face, yang dipasangi alat khusus supaya helm nggak mudah bergerak ketika dipakai balapan.

"Khusus untuk balap F1 dan Nascar biasanya di bagian helmnya terdapat clip on. Fungsinya yaitu menempel kebagian neck protector jadi helm tidak gerak. Karena memang tuntutannya begitu," terangnya menambahkan.

Beralih ke struktur batok, nggak ada perbedaan berarti selain helm mobil dibuat tahan panas hingga ratusan derajat dengan maksud untuk melindungi pengemudi saat kendaraan mereka terbakar. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perbedaan Helm Buat Balap Mobil dan Motor".

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest