Follow Us

Stress Karena Banyak Tugas? Ini Tiga Cara Sederhana Redakan Ketegangan

Dio Firdaus - Kamis, 19 Desember 2019 | 11:15
Murid yang sedang bermeditasi
Demilked

Murid yang sedang bermeditasi

HAI-ONLINE.COM- HAI paham banget kok, sebagai anak SMA dan kuliah pasti ada kalanya kita stress karena tugas yang menumpuk atau deadline yang terus mengejar.

Tapi HAI sarankan sih kamu harus cepat-cepat meredam stres itu sob. Pasalnya stres punya dampak yang besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Caranya mengatasinya gimana? Gampang banget kok sob, cukup dengan tiga cara sederhana dari podcast mindbodygreen, Heather Moday, M.D yang HAI himpun dari Kompas.com.

Baca Juga: Jorge Lorenzo Segera Umumin Bakal Balik Lagi ke MotoGP, Tapi...

1. Latihan meditasi

Menurut Moday, kebanyakan stres disebabkan oleh ketakutan masa depan atau melepas trauma masa lalu. Ketika kita menjalani hidup seperti itu, kita nggak fokus pada masa depan dan memiliki masa sulit untuk mengatasi respons stres baru.

Meditasi bisa membantu kita mengatasinya.

"Meditasi secara konstan membawa kita kembali ke momen saat ini dan membuat kita jauh lebih kuat," katanya.

Meditasi yang dipraktikkan rutin setiap hari akan membawa kegembiraan ketika kita sedang menghadapi stres. Menurut Moday, meditasi bisa membantu mengalihkan pikiran kita dari sesuatu yang belum terjadi atau sudah terjadi bertahun-tahun lalu.

2. Jurnal

Hal lainnya yang menurut Moday sangat sangat penting untuk membantu mengatasi stres adalah menulis jurnal. Menuliskan emosi yang sedang dirasakan bisa membantu kita mampu mengatasi trauma dan masalah di masa lalu.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest