Follow Us

Ban Sepeda Motor Lo Sering Gundul Sebelah? Ternyata Ini Penyebabnya

Bayu Galih Permana - Selasa, 10 Desember 2019 | 14:00
Ilustrasi ban gundul sebelah
via Otomania

Ilustrasi ban gundul sebelah

HAI-Online.com - Bukan sebuah rahasia lagi, sebagian besar pengendara motor pasti pernah mengalami saat di mana ban kendaraan tiba-tiba gundul sebelah, misalnya bagian kiri sudah halus padahal sisi kanan masih bagus.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, hal itu terjadi bukan karena kualitas ban yang jelek, tapi akibat kinerja suspensi motor yang nggak bekerja secara maksimal.

Fakta ini sendiri diungkapkan Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, Dodiyanto berdasar dari hasil pengetesan yang pernah dilakukan oleh pihak mereka sebelumnya.

"Kita (IRC) pernah melakukan pengetesan pakai motor bebek. Salah satu suspensi kita buat mati. Hasilnya yang bagian mati lebih cepat habis. Jadi suspensi memang salah satu faktornya," terang Dodiyanto ketika dimintai keterangan pada Senin (9/12) kemarin.

Baca Juga: Dengar Suara Aneh dari Lantai, Keluarga Ini Temukan Hal Nggak Terduga di Bawah Rumah Mereka

Dodiyanto menjelaskan, ban gundul sebelah akibat suspensi nggak cuma berlaku untuk motor bebek, tetapi juga skuter matik.

"Untuk motor matik, suspensi satu pun sama, saat suspensi tidak berjalan baik, efeknya bisa jadi ban abis sebelah. Karena dia tidak ngayun istilahnya," jelasnya lebih lanjut.

Ilustrasi tekanan angin ban motor
via Motorcycle-Evans Brasfield

Ilustrasi tekanan angin ban motor

Selain masalah suspensi, Dodiyanto menambahkan, tekanan angin yang kurang juga menjadi salah satu faktor penyebab ban menjadi gundul sebelah.

"Bisa juga angin kempes tapi dihajar terus," tutup Dodiyanto.

Maka dari itu sob, jangan malas ya buat menjaga kesehatan tiap komponen kendaraan kalian karena salah-salah nantinya malah bisa membahayakan nyawa kita sendiri. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Penyebab Ban Motor Habis Sebelah".

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest