Follow Us

Tidur 7 Jam Sehari itu Gampang Gampang Susah, Ini Tips untuk Mengatur Pola Tidur yang Best!

Dio Firdaus - Selasa, 26 November 2019 | 20:00
Ilustrasi tidur
iStockphoto

Ilustrasi tidur

HAI-ONLINE.COM- Bukan rahasia umum lagi kalau banyak remaja saat ini memiliki durasi jam tidur yang kurang. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari sibuk dengan kegiatan sampai insomnia.

Padahal sebenarnya memiliki jam tidur yang baik atau cukup itu punya manfaat yang baik untuk tubuh kita sob. Mulai dari berat badan tetap ideal, sampai menurunkan resiko stres.

Sebuah organisasi bernama National Sleep Foundation bahkan menyarankan jam tidur yang baik itu dimulai pukul 20.00 sampai tengah malam. Kalau lebih dari tidurnya nggak baik?

Sebenarnya nggak juga sih, sob. Karena jam tidur yang baik bisa aja bergantung pada seberapa lama dan kapan kita bangun di pagi hari.

HAI menghimpun dari National Sleep Foundation, untuk kelompok usia remaja (18-25 tahun) durasi tidur yang ideal adalah 7-9 jam setiap hari. Setiap hari loh ya sob, bukan setiap minggu.

Kita ambil minimalnya deh, yaitu 7 jam. Jadi kalau kamu ada kelas pagi atau harus sekolah. Maka kamu harus mempertimbangkan untuk tidur sebelum jam 11 malam hari.

Baca Juga: Rayain 25 Tahun Album Dookie, Green Day Bawain 'Basket Case' di AMA 2019

HAI paham kok, pasti ada beberapa dari kamu yang baca artikel ini punya masalah tidur, salah satunya susah untuk tidur apalagi mengatur waktu pola tidur.

Menghimpun dari KompasTekno, seenggaknya ada beberapa tips untuk mengatur pola tidur. Mulai pada siang hari pastikan kamu olahraga secara rutin, meningkatkan aktivitas di bawah sinar matahari dan jangan tidur siang terlalu lama.

Di kala malam sebelum tidur, ada baiknya kamu menjauhi kafein, alkohol dan nikotin sob. Selain itu beberapa hal yang akan mendukung kamu cepat tidur adalah matikan ponsel minimal 30 menit sebelum tidur, atur suhu 18 derajat celsius, dan matikan lampu kamar.

Masih nggak mempan juga? Berati saatnya HAI kasih senjata paling mutakhir. Baca buku sembari dengerin lagu yang mellow. Silahkan dicoba sob kalau nggak percaya! (*)

Source : kompas

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest