Follow Us

Kenapa sih Orang Suka Nostalgia? Ini Lho Penjelasan Ilmiahnya

HAI Internship - Sabtu, 23 November 2019 | 14:00
Kenapa orang suka bernostalgia?
kolase tribun

Kenapa orang suka bernostalgia?

HAI-Online.com - Ngaku deh, lo pasti pernah atau bahkan sering bernostalgia. Entah nostalgia lewat musik, makanan, tontonan, atau suatu tempat.

Umumnya, orang memang suka bernostalgia. Misalnya aja nih, baru-baru ini band My Chemical Romance menggelar konser reuni, langsung disambut meriah sama penggemar-penggemarnya.

Atau, saat ini banyak acara-acara yang bertemakan 80-90an, dan peminatnya pun banyak.

Bahkan, ada istilah “good old days" di mana menunjukkan kalau masa lalu itu rasanya lebih indah dibanding hidup yang kita jalani saat ini.

Sebenernya sah-sah aja sih untuk mengenang masa lalu, asal nggak berlebihan hingga menjatuhkan kehidupan kita sendiri ataupun orang lain saat ini.

Terlepas dari itu, sebenernya, kenapa sih orang suka bernostalgia?

Baca Juga: Tinggalkan Klub, Mauricio Pochettino Tulis Pesan Mengharukan untuk Para Pemain Tottenham

Secara harfiah, nostalgia merupakan bentuk kerinduan terhadap sesuatu yang posisinya sudah jauh atau nggak ada lagi di masa sekarang.

Menurut Dr. Juliana Brienes, nostalgia memiliki beberapa efek luar biasa yang membuat kita menginginkan sesuatu yang lebih. Pertama, nostalgia cenderung membuat kita merasa bahagia, benar-benar sebahagia mungkin.

Hal ini sudah dibuktikan dengan meneliti beberapa relawan. Mereka diminta untuk menuliskan sesuatu yang berkaitan dengan nostalgianya. Hasilnya, mereka cenderung merasakan emosi positif.

Emosi tersebut dapat ditingkatkan dengan memfokuskan pada semua hal yang kita peroleh di masa lalu daripada memikirkan semua yang sudah hilang.

Source : hellogiggles.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular