Follow Us

Sering Marah-marah Tanpa Alasan Jelas? Ini Penjelasan Ilmiahnya

HAI Internship - Kamis, 21 November 2019 | 19:25
Ada banyak hal yang bisa memicu seseorang marah tanoa sebab
mymind.org

Ada banyak hal yang bisa memicu seseorang marah tanoa sebab

HAI-Online.com - Pernah nggak merasa kesel atau marah dengan hal-hal yang sepele? atau sering marah tapi nggak ada sebab?

Sebenarnya, marah merupakan luapan emosi yang normal. Tapi, kalau terus-menerus marah karena hal yang remeh, gampang tersinggung, bahkan sampai ngebentak orang tanpa alasan yang jelas, itu udah bukan hal yang normal lagi.

Selain bisa merusak kesehatan dan kesejahteraan diri sendiri, hal itu bisa mengganggu hubungan sosial dengan lingkungan sekitar.

Menurut psychcentral, ada banyak hal yang bisa memicu seseorang bisa gampang marah begitu saja. Salah satunya karena kita semua punya weak boundaries alias batasan yang lemah.

Sering kali kita bilang 'Iya' padahal dalam hati bilang 'nggak'. Kita juga suka melakukan suatu hal buat orang lain, walaupun diri kita sendiri nggak nyaman melakukan itu.

Yap, dengan begitu, emosi kita menjadi terkuras dan kehabisan tenaga.

Baca Juga: Kalau The Smiths Reuni, Noel Gallagher Ngaku Siap Jadi Gitarisnya

Nah, sayangnya kebanyakan orang nggak membuat "koneksi" dengan hal tersebut.

Julie de Azevedo Hanks, Ph.D, LCSW, pemilik dari Wasatch Family Theraphy, mengatakan bahwa, kita cuma mikir orang lain ngambil banyak keuntungan dari kita, tanpa kita sadar kalau sebenarnya kita juga punya bagian dari dinamika tersebut.

Selain itu, kurangnya tidur atau terlalu tertekan dengan pekerjaan bisa membuat kemampuan mengatasi emosi jadi bekurang. Sehingga, kita berubah jadi pemarah.

Hal lain yang yang memungkinkan munculnya marah tanpa sebab ini karena adanya depresi atau bisa juga anxiety aliasa kecemasan yang berlebihan.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest