Follow Us

Softlens dengan Fitur Zoom Ini Bakal Segera Hadir, Tinggal Kedip Jadi Gede!

Rayhadi Shadiq - Rabu, 20 November 2019 | 15:35
Gunakan softlens sebelum memulai makeup
youtube.com

Gunakan softlens sebelum memulai makeup

HAI-ONLINE.COM - Pernah nggak lo ngebayangin andaikata mata lo bisa nge-zoom obyek yang lo liat? Adegan mirip di film ala-ala James Bond ini bakal segera terwujud, sob!

Pasalnya, sekelompok ilmuwan dari University of California, San Diego tengah mengembangkan terobosan terbaru berupa softlens atau lensa kontak yang bisa zoom in atau zoom out. Wah gokil nih!

Dilansir dari laman Independent, hanya lewat kedipan mata, softlens tersebut bisa memperbesar dan memperkecil obyek yang lo liat.

Softlens temuan baru tersebut termasuk ke dalam lensa robot yang memungkinkan pemakainya untuk dapat mengatur ukuran tampilan objek di hadapan mata.

Baca Juga: Anti Ribet, Ini Cara Mudah Kompres Foto Lewat Ponsel, Cocok Buat yang Mau Ngelamar Kerja Online

Nggak kayak kebanyakan teknologi yang memerlukan kontrol manual atau pemrograman khusus yang dibuat terpisah, dalam kasus ini ilmuwan mengukur potensi aliran listrik yang ada di mata kita. Aliran listrik itu disebut sinyal elektro-okuler.

Lewat sinyal elektro-okuler, ilmuwan mengkolaborasikan teknologi dan syaraf manusia hingga memungkinkan untuk melakukan zoom in ataupun zoom out layaknya kamera.

"Meskipun Anda tidak bisa melihat, banyak orang yang tetap bisa menggerakkan bola mata mereka yang membuat sinyal elektro-okuler ini aktif," kata Shengqiang Cai, selaku kepala penelitian kelompok ilmuwan dari University of California.

Para ilmuwan berharap, penemuan softlens yang bisa zoom in atau zoom out itu menjadi pintu gerbang untuk menciptakan teknologi keren lainnya. Khususnya dalam menciptakan mata palsu atau kamera yang bisa dikontrol oleh mata manusia.

Baca Juga: Akting Jadi Manajer Band, Ardhito Pramono Konsultasi Ke Manajer Kelompok Penerbang Roket

Sejauh ini, softlens canggih tersebut masih dalam bentuk prototipe yang masih harus dikembangin lagi sebelum bisa benar-benar digunakan manusia.

Kemungkinan, masih butuh beberapa tahun ke depan untuk meringkas ukuran softlens biar lebih nyaman digunakan.

Wah. Kalo umur lo nambah tua dan mata lo jadi minus, beli softlens canggih ini aja sob! (*(

Source : Independent

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest