Follow Us

Ratusan Millennial Ikuti Program Candi Darling, Kunto Aji Gabung Hijaukan Candi Ratu Boko dan Ijo

Dio Firdaus - Kamis, 14 November 2019 | 10:22
Para mahasiswa sedang menanam pohon
DOK. HAI

Para mahasiswa sedang menanam pohon

HAI-ONLINE.COM - Sebelum kamu bertanya-tanya apa sih Candi Darling itu, lebih baik HAI kasih tau dulu deh di awal artikel.

Candi Darling atau singkatan dari Candi Sadar Lingkungan adalah sebuah kegiatan berpondasikan kepedulian untuk merawat bumi dan warisan sejarah yang digelar oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Gerakan Candi Darling ini juga turut mengajak generasi milenial nggak hanya sekedar peduli, tapi juga terlibat langsung dalam melakukan aksi nyata, dan bergerak bersama-sama memelihara bumi kita ini.

Baca Juga: Mau Ngasih Pelajaran ke Pengendara yang Lawan Arus, Remaja Ini Nyamar Jadi Polisi Gadungan

Pada kali ini, Bakti Djarum Foundation memilh Situs Ratu Boko yang berada di Jalan Raya Piyungan, Sleman, Yogyakarta ini lah sebagai tempat untuk menjalankan program Siap Sadar Lingkungan.

Di sana, nggak hanya puluhan, tapi ratusan mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Yogyakarta ikut aksi ini. Untuk situs Ratu Boko, total tumbuhan yang ditanam sebanyak 1,350 tanaman perdu dan semak berbunga. Sementara di Candi Ijo, total ada 1000 tanaman.

Nggak hanya menanam pohon, para mahasiswa ini juga diberi pengetahuan cara menanam pohon hias, workshop bertema "Pilah Sampah Jadi Berkah" dan ditutup dengan penampilan magis Kunto Aji.

Ngomongin soal Kunto Aji. Pelantun 'Pilu Membiru' ini nggak cuma datang untuk menghibur aja sob. Tapi juga ikut rangkaian acara kegiatan Candi Darling.

Kunto Aji di Candi Darling
Akrom

Kunto Aji di Candi Darling

"Kegiatan menghijaukan candi ini sangat unik karena biasanya kita melakukan penghijauan di area-area gersang bukan di lokasi wisata. Dengan kegiatan ini kita menekankan bahwa merawat peninggalan bersejarah itu sangat penting karena bumi ini milik kita dan sudah sepantasnya kita pula yang menjaga.,” ujar Kunto Aji.

Baca Juga: Inovasi Baru, Sedotan Ramah Lingkungan yang Terbuat dari Pasta

Sampai saat ini, program Candi Sadar Lingkungan telah merampungkan penghijauan di 4 candi DIY dan Jawa Tengah di kawasan Candi Prambanan yakni Candi Roro Jonggrang, Candi Sewu, Candi Bubrah serta Candi Lumbung diikuti dengan situs warisan sejarah Benteng Van den Bosch di Ngawi, Jawa Timur.

Dalam cakupan yang lebih luas, program Siap Darling telah merencanakan gerakan penghijauan candi-candi lainnya di seluruh Indonesia. Program ini ditargetkan rampung pada 2025.

Gimana sob, mau ikutan jadi Darling Squad nggak nih? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest