Follow Us

Penelitian Membuktikan Aktif Merokok Bikin Muka Kelihatan Lebih Tua

Ricky Nugraha - Kamis, 07 November 2019 | 16:00
Ilustrasi rokok
Pixabay

Ilustrasi rokok

HAI-online.com - Selama ini kalian mungkin pernah denger rumor yang menyebutkan bahwa ngerokok itu bikin muka jadi kelihatan lebih tua.

Ternyata, hal ini memang benar adanya, dan menjadi salah satu dampak buruk dari kebanyakan mengonsumsi tembakau.

Para peneliti dari University of Bristol, Inggris telah membuktikannya dalam jurnal PLOS Genetics yang terbit 31 Oktober 2019.

Dalam risetnya, para ahli menggunakan data genetik yang melibatkan 500.000 responden dari Biobank Inggris. Dari situ, para peneliti mempelajari 18.000 sifat berbeda untuk melihat sejauh mana rokok dapat memengaruhi seseorang.

Baca Juga: Sering Melihat Hantu? Begini Penjelasan Ilmiahnya Menurut Ahli

Mereka menemukan bahwa selain merusak kesehatan paru-paru, merokok juga dapat memengaruhi penampilan wajah.

Menurut ahli, semakin sering orang merokok, maka jumlah kerutan yang ada di wajah juga akan semakin cepat bertambah. Inilah yang menyebabkan wajah seorang perokok tampak lebih tua.

Dalam penelitiannya, tim mengguankan pendekatan baru untuk menganalisis data dari Biobank agar bisa menyelidiki efek paparan zat lain, termasuk alkohol.

"Kami mencari belasan ribu sifat untuk mengidentifikasi bagaimana kebiasaan merokok memengaruhi kondisi seseorang," ujar Louise Millard, penulis utama dalam studi ini seperti dilansir Newsweek, Sabtu (2/11/2019).

Baca Juga: Produktivitas Karyawan Microsoft Jepang Naik 40% Dengan Kerja 4 hari Seminggu, Apakah Indonesia Perlu Contoh?

Millard dan timnya menggunakan dua metode untuk menguji hipotesis mereka.

Metode pertama dikenal sebagai Mendelian randomization, yakni melihat variasi genetik dalam DNA untuk membantu memahami bagaimana faktor risiko tertentu memengaruhi kesehatan.

Source : Kompas.com, Newsweek

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular