Follow Us

Lakukan 4 Hal ini Agar Telinga Kamu Tetap Sehat Meski Sering Gunakan Earphone

Dio Firdaus - Selasa, 05 November 2019 | 21:00
ilustrasi menggunakan earphone
iStockphoto

ilustrasi menggunakan earphone

Hai-online.com - Dengerin musik dengan earphone memang enak. Selain kita nggak mengganggu orang lain dengan lagu kita, suara dari musik pun akan terdengar lebih jelas.

Tapi eh tapi, terlalu lama pakai earphone untuk dengerin musik juga nggak bagus untuk kesehatan telinga kita sob. Bahkan bisa terkena infeksi loh.

Untuk itu, HAI mau kasih 4 tips untuk mencegar infeksi telinga meskipun kamu gunakan earphone setiap hari. Langsung aja yuk simak!

1. Membersihkan Telinga Secara Rutin

Tahukah teman-teman? Earphone, headphone, dan headset bisa menghambat keluarnya kotoran telinga.

Jika terus dibiarkan, kotoran telinga bisa menumpuk dan memicu infeksi. Jika kamu sering menggunakan ketiga alat tadi, sebaiknya merawat telinga secara rutin.

Bersihkan bagian luar telinga dengan cotton bud atau lap basah. Ingat, hanya bagian luar telinga, ya. Jangan memasukkan cotton bud ke dalam telinga karena dapat mendorong kotoran masuk lebih dalam.

Untuk mengeluarkan kotoran, gunakan obat tetes atau baby oil dahulu agar kotoran melunak.

Baca Juga: Pernah Ditegur Karena Corat-coret di Kelas, Bocah 9 Tahun Ini Justru Diminta Bikin Gambar Dekorasi di Restoran

2. Atur Waktu dan Volume Earphone

Berapa lama biasanya kamu menggunakan earphone? Ternyata, menggunakan earphone terlalu lama dapat meningkatkan risiko infeksi telinga, lo.

Source : bobo

Editor : Alvin Bahar

Latest