Follow Us

Jangan Sampai Ketipu, Begini Cara Uji Keaslian Jam Tangan G-Shock

Ricky Nugraha - Rabu, 06 November 2019 | 16:45
Transformers x Casio G-Shock DW-6900TF-4
Casio

Transformers x Casio G-Shock DW-6900TF-4

HAI-online.com - Sebagai merek jam tangan yang memiliki rentang varian yang lebar, G-Shock menjadi salah satu arloji yang kerap dipalsukan.

Nggak jarang, tampilan fisik jam tangan "kawe" yang meniru G-Shock tersebut terlihat seperti asli. Nggak sedikit pula yang udah jadi korban penipuan dan membagikan kisah sedih dengan memamerkan barang "kawe" yang mereka dapatkan dari membeli secara online.

Umumnya, bahasan mengenai teknis pemeriksaan keaslian G-Shock masih berkutat pada tampilan fisik.

"Sebenarnya kalo dari tampilan fisik yang paling kelihatan adalah material strap dan bezel G-Shock itu menggunakan bahan resin dan bukan karet," ujar Aldio Yofanda, Product Trainer di PT Gilang Agung Persada (GAP).

Baca Juga: 5 Kolaborasi Streetwear Keren dengan Anime, dari Naruto sampai Akira

PT GAP adalah distributor resmi jam tangan G-Shock yang merupakan produk dari perusahaan elektronik Jepang, Casio Internasional.

"Meski kelihatannya seperti karet, dia bukan karet, tapi resin, bahannya jadi getah pohon pinus," sambungnya. Menurutnya, material resin tersebut membuat jam tangan G-Shock kuat dan tahan lama.

"Tidak getas, dan juga saat dipakai terkena keringat enggak akan meninggalkan bau," sambung Dio.

Cara mudah dan akurat

Meski begitu, jika indikator tersebut masih belum bisa membantu untuk memastikan keaslian sebuah G-Shock, maka ada cara sederhana yang bisa dicoba.

Cara pengujian yang diajarkan Dio ini berlaku untuk jam tangan G-Shock yang memiliki panel digital dengan empat tombol (Perhatikan gambar).

Tombol pada jam tangan G-shock
Kompas.com

Tombol pada jam tangan G-shock

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest