Follow Us

Kutub Utara Mencair, Muncul 5 Pulau Baru yang Sebelumnya Nggak Ada

Ricky Nugraha - Kamis, 24 Oktober 2019 | 12:00
Kepulauan Novaya Zemlya, Kutub Utara
Jeff Schmaltz/MODIS Rapid Response Team/Goddard Space Flight Centre

Kepulauan Novaya Zemlya, Kutub Utara

HAI-online.com - Dampak pemanasan global makin nyata. Setelah sejumlah peristiwa yang terjadi, kini ada fenomena kemunculan pulau baru akibat mencairnya es di kutub utara.

Lima pulau perlahan muncul dari permukaan air laut, tepatnya di Kepulauan Novaya Zemlya.

Lima pulau ini ditemukan oleh Angkatan Laut Rusia beberapa waktu lalu saat tengah mengadakan ekspedisi ke Kutub Utara, dengan jalur terjauh menuju Franz Josef Land.

Vice Admiral dari Northern Fleet, Angkatan Laut Rusia, Alexander Moiseyev mengatakan bahwa lima pulau ini ditemukan di tengah gletser yang mencair.

Baca Juga: Usain Bolt Kalah! Peneliti Temukan Semut dengan Kecepatan Lari Hingga 579 Km per Jam

“Ini dikarenakan perubahan kondisi es (di sekitar pulau-pulau baru tersebut). Sepertinya pulau-pulau itu menjadi bagian dari gletser tersebut. Meleleh, tabrakan, dan perubahan temperatur menjadikan pulau-pulau ini baru terlihat,” tutur Moiseyev seperti dikutip dari Science Alert.

Penemuan pulau-pulau ini pertama dipublikasikan pada Agustus 2019 lalu oleh Kementerian Pertahanan Rusia. Namun sebenarnya, sejak 2016, seorang mahasiswa teknik bernama Marina Migunova melihat gugusan pulau ini lewat gambar satelit saat mengerjakan naskah penelitian.

Dalam ekspedisi terbaru, para peneliti dari Angkatan Laut Rusia melakukan survei terhadap kelima pulau tersebut. Gugusan pulau itu terletak di Vize bay di Severny Island, Novaya Zemlya. Diketahui pulau-pulau ini mulai terlihat sejak 2014.

Dari segi ukuran, gugusan pulau ini berukuran kecil hingga sangat besar. Dua pulau bahkan sangat kecil, hanya 900 meter persegi. Namun pulau yang besar berukuran sekitar 54.500 meter persegi.

Baca Juga: 5 Hewan Kecil Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Nyamuk

Apakah gugusan pulau tersebut hanya eksis untuk sementara itu?

Kepala Northern Fleet Hydrographic Service dari Angkatan Laut Rusia, Alexei Kornis, mengatakan belum ada konklusi mengenai keberadaan dan keberlangsungan pulau-pulau ini.

Source : Kompas.com, Science Alert

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest