Follow Us

Menurut Penelitian, Anjing Bisa Membantu Manusia Hidup Lebih Lama

Ricky Nugraha - Selasa, 15 Oktober 2019 | 21:03
Ilustrasi anjing dan manusia
Pixabay

Ilustrasi anjing dan manusia

HAI-online.com - Temuan terbaru dari penelitian selama 70 tahun tentang bagaimana memelihara anjing dapat meningkatkan kesehatan telah sampai pada kesimpulan bahwa anjing memang dapat membuat umur lebih panjang.

Ulasan ini telah diterbitkan dalam jurnal Circulation dari American Heart Association.

Dalam 10 penelitian yang ditampilkan dalam ulasan, memiliki anjing sebagai hewan peliharaan punya kolerasi dengan penuruna risiko kematian sebanyak 24% dibandingkan mereka yang nggak memelihara anjing.

Sebanyak enam studi menjelaskan pengurangan yang signifikan dalam risiko kematian bagi pemilik anjing.

Baca Juga: Laba-laba di Rumah Sebaiknya Jangan Dibunuh karena Ada Manfaatnya

Penelitian juga menyebutkan adanya 2013 temuan yang mengungkap bahwa memiliki anjing berhubungan dengan penurunan penyakit kardiovaskular.

Ini mungkin akibat dari pemilik anjing yang terlibat lebih banyak aktivitas dengan anjing mereka seperti saat berjalan atau sekedar bermain.

Lebih jauh, sebuah laporan CNN mengungkapkan bahwa hanya dengan membelai anjing dapat membantu mengurangi tekanan darah seperti manfaat dari obat.

Namun, penelitian tersebut juga menambahkan catatan bahwa beberapa penelitian memiliki ukuran sampel kecil yang mungkin nggak mewakili masyarakat umum.

Baca Juga: Seekor Zebra Langka Bermotif Polkadot Tertangkap Kamera di Kenya

Faktor-faktor lain seperti diet, indeks massa tubuh dan apakah partisipan merokok nggak diperhitungkan.

Meski begitu, memelihara anjing tetap disebutkan berpengaruh pada penurunan semua penyebab kematian. Jadi, ini tetap kabar baik bagi para pecinta anjing.

Source : Design Taxi

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest