Follow Us

Laba-laba di Rumah Sebaiknya Jangan Dibunuh karena Ada Manfaatnya

Dok Grid - Jumat, 06 Oktober 2023 | 16:04
Laba-laba
Pixabay/Peggychoucair

Laba-laba

HAI-online.com - Laba-laba bagi sebagian orang dianggap sebagai hewan yang menyeramkan atau menjijikkan sehingga membuatnya sering ditakuti.

Saat ketemu hewan berkaki 8 tersebut, nggak jarang orang-orang bakal membunuhnya dengan dipukul atau dengan cairan pembasmi serangga.

Padahal, membunuh laba-laba jenis apa pun sebenarnya bisa memunculkan masalah lain yang mungkin lebih parah di rumah.

Alasannya adalah karena laba-laba yang biasa ditemukan di rumah-rumah adalah bagian penting dari ekosistem alam.

Baca Juga: Heboh Penampakan Laba-laba Jumbo di Australia yang Mampu Melahap Possum

Mereka bahkan membantu membasmi serangga pembawa penyakit seperti kecoak, nyamuk dan lalat, yang mereka jadikan sebagai mangsa.

Laba-laba yang sering ditemukan di rumah-rumah adalah yang berwarna cokelat dan yang berkaki panjang. Jenis itu nggak berbahaya dan akan memangsa hama penyakit. Justru pada dasarnya, mereka malah membantu membersihkan rumah.

Laba-laba cokelat yang biasa ditemukan di rumah.
Heart

Laba-laba cokelat yang biasa ditemukan di rumah.

Faktanya, sebuah studi menyebutkan bahwa predator berkaki delapan tersebut dapat melahap 800 juta ton serangga setiap tahun di seluruh dunia.

Dilansir dari Heart pada Kamis, (19/9/2019), Ahli Biologi, Martin Nyffeler, dari University of Basel di Swiss menjelaskan bahwa laba-laba menjadi musuh alami serangga, seperti halnya semut dan burung.

Baca Juga: Mirip Joker, Spesies Laba-Laba Baru Ini Dikasih Nama yang Terinspirasi Joaquin PhoenixBaca Juga: 5 Kali Lebih Kuat dari Besi, Ini Dia Rahasia Jaring Laba-Laba

Mereka dapat membantu mengurangi kepadatan populasi serangga secara signifikan, sehingga memberikan kontribusi penting untuk menjaga keseimbangan ekologis alam.

Source : Heart, Suar.id

Editor : optimization

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular