Follow Us

Usain Bolt Kalah! Peneliti Temukan Semut dengan Kecepatan Lari Hingga 579 Km per Jam

Bayu Galih Permana - Rabu, 23 Oktober 2019 | 15:00
Usain Bolt
via The Sun

Usain Bolt

HAI-Online.com - Kalau Usain Bolt memiliki dapat berlari sejauh 44,51 km dalam hitungan jam, semut Saharan Silver Ant ternyata memiliki kecepatan lebih dari 10 kali lipat dibanding pelari asal Jamaika tersebut, di mana mencapai 579 kilometer per jam apabila dikonversi pada manusia.

Dilansir dari The Independent, semut yang memiliki habitat di Gurun Sahara tersebut bisa berlari 50 langkah dalam satu detik dengan jarak 85,5 cm, sedangkan Usain Bolt cuma menghasilkan 4 langkah saja.

Bahkan, langkah dari semut satu ini memanjang dari 4,7 mm menjadi 20,8 mm ketika kecepatan mereka bertambah, di mana kakinya diketahui hanya menyentuh tanah selama 7 milidetik.

“Kemampuan ini mungkin berkaitan dengan habitatnya di gurun pasir. Teknik ini bisa menahan tubuh semut untuk tidak tenggelam di dalam pasir yang lunak,” ujar Harald Wolf, Kepala Peneliti dari University of Ulm Jerman, seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: 5 Hewan Kecil Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Nyamuk

Wolf menjelaskan, para peneliti sendiri mengukur kecepatan spesies spesial dibandingkan semut-semut gurun lainnya ini dengan cara mempatkan kamera di atas terowongan menuju sarangnya.

Saharan Silver Ant
The Independent

Saharan Silver Ant

Setelah berhasil mengukur kecepatan binatang yang bertahan hidup dengan memangsa bangkai hewan lain ini, ke depan mereka ingin mengukur seberapa besar kontraksi otot semut Saharan Silver Ant.

Para peneliti percaya, spesies semut satu ini memiliki otot tubuh tercepat yang pernah ditemukan sepanjang sejarah penelitian mereka.

Widih, cepet banget ya sob. Kira-kira, ada hewan lain yang larinya lebih cepet dibandingkan semut Saharan Silver Ant nggak sih? (*)

Source : Kompas.com, The Independent

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest