Follow Us

4 Masalah yang Menghantui Jika Gigi Berlubang Nggak Segera Ditambal

Bayu Galih Permana - Rabu, 16 Oktober 2019 | 06:10
Ilustrasi pemeriksaan gigi
PIXABAY/JARMOLUK

Ilustrasi pemeriksaan gigi

HAI-Online.com - Selama ini, banyak orang yang membiarkan gigi mereka tetap berlubang dengan jutaan alasan, entah karena males buat pergi ke dokter hingga rasa sakit akibat gigi berlubang bisa hilang cuma dengan minum obat.

Padahal gigi berlubang yang nggak buru-buru ditambal dapat berakibat buruk bagi kesehatan mulut, belum lagi diperparah dengan sejumlah faktor seperti pola makan tinggi gula dan juga kebiasaan malas untuk menyikat gigi pada waktu yang tepat.

Lalu, apa aja sih dampak dari nggak segera menambal gigi berlubang dengan segera?

Dilansir dari Kompas.com, berikut HAI bagiin buat kalian 4 dampak negatif yang akan muncul apabila gigi berlubang nggak segera ditambal.

Baca Juga: Sulli Diduga Bunuh Diri karena Depresi, Kenali Penyebab Umum dari Masalah Kesehatan Satu Ini

1. Patah Gigi

Menurut Carl McManama selaku profesor kedokteran gigi di Boston University, gigi yang dibiarkan berlubang dalam jangka waktu lama akan lebih rentan mengalami kerusakan dan patah, berbeda dengan gigi dalam kondisi utuh.

"Ketika banyak gigi yang membusuk atau ada gigi yang mengalami lubang cukup lama, gigi itu akan lebih rentan mengalami kerusakan dan patah," terang McManama.

2. Kerusakan Syaraf

Apabila gigi dibiarkan berlubang dan telah mengalami pembusukan hingga bagian pulpa (syaraf), penderita nantinya akan mengalami rasa sakit yang luar biasa karena di tengah gigi ada sebuah lubang kecil yang menjadi tempat syaraf dan pembuluh darah.

"Ketika pembusukan mencapai pulpa (syaraf) gigi, saat itu lah pasien akan mulai merasakan sakit yang menyiksa," ujar McManama lebih lanjut.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular