Follow Us

Menurut Aturan, Motor Boleh Lewat Jalan Tol, Tapi Ada Syaratnya

Ricky Nugraha - Rabu, 09 Oktober 2019 | 18:55
Jembatan Suramadu di Surabaya, Jawa Timur
Kompas.com

Jembatan Suramadu di Surabaya, Jawa Timur

HAI-online.com - Selama ini mungkin kita tahu kalau di Indonesia, kendaraan beroda dua atau sepeda motor itu nggak boleh lewat di jalan tol. Apabila kedapatan melintas, tentu akan dikenakan tilang.

Selain itu, melintas di jalan tol dengan sepeda motor berisiko terjadi kecelakaan karena tingginya kecepatan kendaraan beroda empat atau lebih yang lewat di jalur tersebut.

Namun, kalian tahu nggak sih kalau sebenarnya motor boleh melintas di jalan tol? Tapi nggak boleh asal melintas, harus ada syaratnya sob!

Melansir dari TribunJateng, kebijakan itu tertulis pada Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2009.

Baca Juga: Google Maps Kembali Ngaco, Turis Prancis Nyasar Masuk Tol Malang-Pandaan Pakai Motor

Regulasi itu merevisi Pasal 38 pada Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 yang isinya membahas soal pengguna jalan tol.

Sebelumnya, tertulis bahwa jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Kemudian setelah direvisi, dijelaskan bahwa jalan tol juga bisa dilewati oleh motor.

Syaratnya, pada jalan tol harus dilengkapi dengan jalur khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Peraturan itu dibuat karena motor merupakan alat transportasi dengan jumlah populasi yang besar.

Baca Juga: Polisi Bakal Tindak Orang-orang yang Bikin SIM Pakai Jasa Calo

Asal kalian tahu, ada tiga jalan tol di Indonesia yang memenuhi persyaratan sehingga bisa dilewati motor.

Tol Suramadu atau yang lebih dikenal dengan Jembatan Suramadu, Tol Bali Mandara, dan Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara.

Tol Suramadu dan Tol Bali Mandara sudah beroperasi, di mana jalur untuk motor memang terpisah dari jalur mobil. Sementara untuk Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara sedang dalam tahap perencanaan, namun nantinya tol ini juga bisa dilewati motor. (*)

Source : Tribun Jateng

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular