Follow Us

Sering Dilakukan Tanpa Sadar, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Motor Terjun Bebas ke Jurang karena Rem Blong

Bayu Galih Permana - Sabtu, 05 Oktober 2019 | 12:56
Ilustrasi jurang
PIXABAY/PEXELS

Ilustrasi jurang

HAI-Online.com - Saat melewati jalan turunan, pernah nggak sih kalian panik karena rem motor tiba-tiba menjadi blong? Kalau pernah, mungkin aja ada kebiasaan salah ketika berkendara yang tanpa sadar sering kalian lakukan, yaitu menaruh jari atau kaki di tuas maupun handle rem.

Seperti yang dilansir HAI dari GridOto.com, salah satu peserta Royal Enfield Moto Himalaya 2019, Didi Yustian menjelaskan bahwa kebiasaan pengendara menaruh jari atau kaki di tuas maupun handle dapat menyebabkan rem kendaraan menjadi blong.

"Saat menemukan jalan menurun, kebiasaan menaruh jari atau kaki di tuas atau handel rem itu berbahaya. Soalnya ketika melakukan perjalanan balik dari Himalaya, banyak teman saya yang mengalami rem loss," ungkap Didi.

Didi menjelaskan, kebiasaan tersebut membuat kaliper rem menjadi panas sehingga berakibat kendaraan mengalami blong.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini Manfaat Angkat Wiper Mobil Saat Diparkir

"Banyak yang menaruh jari atau kaki di tuas rem, tanpa sadar mereka menekannya. Akibatnya kaliper rem jadi panas, efeknya sudah pasti rem jadi blong," terangnya menambahkan.

Ilustrasi kebiasaan menaruh jari di tuas rem.
GRIDOTO.COM/ISAL

Ilustrasi kebiasaan menaruh jari di tuas rem.

Hal tersebut sendiri terjadi karena kaliper rem yang panas akan membuat minyak rem menjadi lebih mudah mencapai titik didih, sehingga menyebabkan adanya uap udara yang terperangkap dalam sistem pengereman.

Nah, uap udara yang terperangkap atau sering disebut angin palsu itu lah salah satu pemicu terjadinya rem blong pada kendaraan.

Wah, ngeri juga ya sob. Maka dari itu, hilangin kebiasaan menaruh jari di tuas atau kaki pada handle rem ya kalau nggak mau mengalami rem blong. (*)

Source : GridOto.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest