Follow Us

Busi Palsu Marak Beredar di Toko Online, Kenali Tiga Cirinya, Bro!

Ricky Nugraha - Senin, 07 Oktober 2019 | 13:25
Busi palsu dan busi asli yang sulit dibedakan
Australia’s Federal Chamber of Automotive Industries

Busi palsu dan busi asli yang sulit dibedakan

HAI-online.com - Membeli barang secara online tentu ada keuntungan dan kerugiannya. Salah satu kerugiannya adalah kita nggak bisa memastikan keaslian barang tersebut sebelum menerimanya.

Meski terlihat sepele, ternyata busi kendaraan juga nggak lepas dari oknum-oknum nakal yang sering memalsukan dan menjualnya ke toko-toko online.

Hal ini tentu akan merugikan para pembeli. Nah, untuk mengetahui apakah busi yang dibeli asli atau palsu, ada beberapa ciri untuk membedakannya.

Kepada Kompas.com, Technical Support Product Specialist NGK Busi Indonesia Diko Okataviano, menjelaskan tiga cirinya.

Baca Juga: Sering Dilakukan Tanpa Sadar, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Motor Terjun Bebas ke Jurang karena Rem Blong

"Kalau dari harga sekarang bukan lagi patokan, karena oknum yang jual busi secara online juga sudah lebih hati-hati pasang harga murah. Ada tiga poin yang bisa diperhatikan untuk mengindikasikan apakah busi yang dibelinya palsu atau bukan," kata Diko.

Pertama, untuk busi yang nikel adalah dari bentuknya sendiri. Paling mudah memperhatikan dari tulisan pada insulatornya, bila kedapatan itu hanya tempelan atau tulisan cenderung nggak rapi, sudah bisa langsung dicurigai.

Cara kedua merupakan yang paling mudah dilakukan, yaitu pada bagian gasket atau ring yang ada di busi.

Untuk busi yang asli, menurut Diko dirancang sedemikian rupa supaya nggak gampang lepas, sementara yang palsu itu mudah sekali dicopot.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini Manfaat Angkat Wiper Mobil Saat Diparkir

Sementara cara ketiga adalah dari lot number atau kode produksi yang tertempel pada bagian besi di sektor busi.

Semua busi yang asli pabrikan selalu memiliki kode produksi, dan tulisanya itu sangat kecil sehingga tidak mudah dipalsukan.

"Untuk tulisan itu pakai marking laser jadi tidak mungkin tidak rapih, bisa dipastikan tidak ada cacat. Paling sulit lagi itu kode produksi, karena ada dibagian besi pada busi, untuk NGK biasanya berupa empat digit dan kombinasi. Jadi harap perhatikan, baik-baik," ujar Diko.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular