Follow Us

Termutakhir, Konsol PlayStation 5 Paling Canggih di Generasinya!

Ricky Nugraha - Rabu, 09 Oktober 2019 | 11:45
Logo PlayStation
Sony

Logo PlayStation

HAI-online.com - Sony akhirnya memberikan pengumuman resmi terkait konsol terbaru PlayStation. Dari nama, jadwal rilis dan fitur-fitur terbaru yang dihadirkan.

Konsol ini tetap menggunakan nama PlayStation 5 (PS5), meneruskan tradisi akhiran nomor yang menandakan urutan generasi pada konsol PlayStation.

Pengumuman yang disampikan lewat blog resminya ini juga membeberkan jadwal rilis PlayStation 5 yang akan diluncurkan bertepatan dengan musim liburan tahun 2020.

"Musim liburan" di sini mengacu pada periode menjelang Natal dan tahun baru di penghujung 2020. Sony memang kerap meluncurkan konsol dengan jadwal mendekati musim libur, untuk mengantisipasi momen belanja.

Baca Juga: PlayStation 5 Resmi Akan Meluncur 2020, Ada Dua Fitur Baru Canggih!

Selain itu, dijelaskan pula sejumlah fitur baru yang ada dalam konsol ini. Controller PS5 bakal dibekali "haptic feedback"yang diklaim mampu memberikan efek lebih beragam dibandingkan teknologi "rumble" sebelumnya.

"Menabrak tembok di game balap mobil akan terasa sangat berbeda dibandingkan tackling di game football. Kamu bahkan bisa merasakan perbedaan tekstur ketika berlari melalui padang rumput atau lumpur," ujar Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan.

Tombol L2 dan R2 di controller PS5 ikut kebagian fitur baru bernama "adaptive trigger" yang bisa memberikan tingkat resistansi berbeda, misalnya antara saat pemain menarik busur di dalam game olahraga atau menggas kendaraan di game balap.

Baca Juga: Gamer PS4 Akhirnya Bakal Bisa Main Bareng Sama Gamer Xbox dan PC

Berdasarkan rumor yang beredar di internet sebelumnya, hardware PS5 akan jauh lebih bertenaga dibandingkan PS5 pendahulunya. PS5 disinyalir bakal dibekali pasangan CPU Ryzen dan GPU Navi dari AMD, berikut media penyimpanan jenis SSD.

Konsol ini pun kemungkinan akan bisa menjalankan game legacy (PS1 hingga PS4), serta mendukung berbagai macam teknologi grafis termutakhir untuk tampilan visual lebih realistis, seperti ray tracing dan resolusi 8K.

(*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest