Follow Us

Gamer PS4 Akhirnya Bakal Bisa Main Bareng Sama Gamer Xbox dan PC

Ricky Nugraha - Jumat, 04 Oktober 2019 | 18:00
PlayStation 4 Pro Limited Edition
screenrant.com

PlayStation 4 Pro Limited Edition

HAI-online.com - Enam tahun setelah konsol PlayStation 4 (PS4) dirilis, Sony akhirnya membuka pembatas keeksklusifannya.

Para pemilik konsol tersebut kini bisa main game multiplater secara lintas platform (cross-play) dengan para pemiliki konsol selain PS4, seperti Xbox One dan PC.

CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan, mengatakan bahwa pihaknya meluncurkan fitur cross-play lantaran mereka nggak mau "mengunci" gamer PS4 dengan para pemain PS4 lainnya ketika mereka bermain secara multiplayer.

"Sony ingin meyakinkan bahwa mereka tak ingin kalah dari kompetitor," kata Ryan.

Baca Juga: Simak Nih 5 Alasan Kenapa Game PC Bisa Lebih Seru dari Game Konsol

Meski nggak digembar-gemborkan, dukungan lintas platform PS4 dengan konsol lain kabarnya memang sudah lepas dari tahap beta, alias sudah resmi meluncur dan bisa dimanfaatkan oleh pengguna umum PS4.

Hingga saat ini, pengguna PS4 bisa bermain bersama-sama dengan para gamer PC dan Xbox One di dalam game Fortnite, Rocket League, Player Unknown's Battleground (PUBG), Paladins, Smite, sampai Realm Royale.

Dalam waktu dekat, game Call of Duty: Modern Warfare juga bakal bisa dimainkan secara multiplayer dengan mekanisme lintas platform via PS4.

Belum diketahui game mana lagi yang akan ditambahkan agar bisa mendukung fitur cross-play PS4 di kemudian waktu.

Baca Juga: Hape Kentang Minggir Dulu, Cek Spesifikasi Minimal Smartphone yang Bisa Main Call of Duty Mobile

Dikabarkan oleh TechSpot, PS4 sendiri sebenarnya sudah mulai terbuka terhadap cross-play lewat game Fortnite pada September 2018 lalu.

Beberapa bulan kemudian, Sony lantas membuka program beta cross-play kepada para gamer PS4 di bulan Januari tahun ini dengan tambahan game Rocket League.

Source : Kompas.com, TechSpot

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest