Follow Us

Sering Dipakai Pembonceng Buat Pegangan, Ternyata Ini Lho Fungsi Behel Motor yang Sebenarnya

Bayu Galih Permana - Rabu, 18 September 2019 | 19:30
Ilustrasi behel motor
GridOto.com/Reyhan

Ilustrasi behel motor

HAI-Online.com - Selama ini, behel motor sering dipakai para pembonceng untuk pegangan saat pengendara merupakan orang asing ataupun gebetan yang baru dikenal, padahal fungsi komponen satu ini sebenarnya bukanlah itu.

Bahkan, posisi memegang behel ketika membonceng sebenarnya nggak disarankan, di mana fakta ini sendiri terungkap dari pernyataan Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana.

Menurut Sony, posisi tangan yang benar bagi pembonceng motor adalah diletakkan dengan santai di atas paha atau memegang pinggang pengendara.

"Posisi duduk yang benar buat pembonceng motor itu dengan menghadap ke depan, posisi tangan santai berada di paha. Boleh memegang pinggang pengendara, tetapi jangan memegang behel di belakang,” ujar Sony seperti yang dikutip HAI dari GridOto.com.

Baca Juga: Ngecas Ponsel yang Jatuh ke Air Bikin Cewek Ini Tewas Kesetrum

Lebih lanjut, Sony menjelaskan bahwa posisi pembonceng yang memegang behel motor dapat menyebabkan gerak manuver kendaraan menjadi kurang seimbang.

"Mungkin kalau baru naik masih oke, tapi kalau sudah jalan, apalagi ngebut lebih baik tangan berada di paha," terangnya lebih lanjut.

Sony menambahkan, behel motor sebenarnya dibuat untuk memudahkan para pengendara ketika mereka hendak menggeser kendaraan, khususnya saat berada di parkiran.

"Fungsi behel memang untuk itu, bukan untuk pegangan saat berkendara. Makanya banyak motor baru yang sudah tidak pakai behel belakang,” tutup Sony.

Kalau kalian sendiri selama ini gimana, sob? Termasuk yang sering jadiin behel motor sebagai pegangan juga nggak pas bonceng? (*)

Source : GridOto.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest