Follow Us

Sering Timbulkan Kecelakaan, Kenali Penyebab Ban Mobil Pecah secara Tiba-tiba

Bayu Galih Permana - Selasa, 17 September 2019 | 20:08
Ilustrasi pecah ban
via Kompas.com

Ilustrasi pecah ban

HAI-Online.com - Nggak bisa dipungkiri, pecahnya ban mobil secara tiba-tiba ketika kendaraan tengah melaju menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang paling sering terjadi, khususnya di jalan tol.

Sebagai contoh aja nih, pada Minggu (15/9) kemarin, tiga orang dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi setelah mobil Suzuki APV dengan nomor polisi F 1196 DH terguling karena mengalami pecah ban belakang.

Baca Juga: Pamer Foto Kecelakaan di Instagram, Influencer Ini Dibanjiri Hujatan

"Penyebab kecelakaan adalah pecah ban belakang, sehingga kendaraan oleng dan terguling," ujar Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Regional Jabodetabek-Jabar Irra Susiyanti, dilansir dari Kompas.com.

Kecelakaan tunggal di Tol Jaagorawi pada Minggu (15/9), diduga karena mobil mengalami pecah ban.
Dok. Humas Jasa Marga via Kompas.com

Kecelakaan tunggal di Tol Jaagorawi pada Minggu (15/9), diduga karena mobil mengalami pecah ban.

Pecahnya ban mobil secara tiba-tiba ini sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya karena tekanan angin pada ban kendaraan yang kurang.

Hal ini diutarakan oleh Training and Development Manager Real Driving Centre, Marcel Kurniawan, yang menyebut bahwa tekanan angin kurang membuat kawat ban jadi lebih mudah putus karena bergerak secara terus menerus.

"Ban yang kurang angin jadi penyebab utama ban pecah ketika melaju di jalan bebas hambatan," ujar Marcel seperti dikutip HAI dari GridOto.com.

Baca Juga: Jangan Ngasal, Segini Lho Tekanan yang Pas Ketika Isi Angin Ban Motor

Selain kurangnya tekanan angin, jalan berlubang juga menjadi penyebab ban pecah secara tiba-tiba karena memungkinkan kawat pada bagian dalamnya putus sehingga menimbulkan benjolan yang memicu letusan.

Nggak cuma jalan berlubang aja, kerikil kecil yang terselip pada bagian uliran pun ternyata juga bisa membuat ban pecah secara tiba-tiba.

Hal ini terjadi karena kerikil tersebut bisa menusuk ke dalam ban apabila terus mendapat tekanan, di mana kemudian akan menyebabkan korosi pada bagian kawat yang muncul dari adanya luka di permukaan ban.

Maka dari itu, pengguna mobil pun disarankan untuk mengganti ban mereka ketika sudah terlihat benjolan apabila nggak ingin mengalami pecah secara tiba-tiba. (*)

Source : Kompas.com, GridOto.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest