Follow Us

Jangan Dipaksa, Begini Cara Mengatasi Kick Starter Motor Matic yang Keras

Bayu Galih Permana - Kamis, 05 September 2019 | 16:00
Ilustrasi kick starter
THIO PAHLEVI/OTOMANIA

Ilustrasi kick starter

HAI-Online.com - Selama ini, pengguna motor matic jarang menggunakan kick starter untuk menghidupkan mesin kendaraan mereka, bahkan biasanya hanya dipakai ketika electric starter mati karena aki kehabisan daya.

Kebiasaan tersebut biasanya akan membuat kick starter motor menjadi keras atau macet ketika akan dipakai, di mana hal tersebut disebabkan dari kotoran yang menumpuk di area gigi starter.

"Biasanya kick starter jadi keras karena kotoran yang menumpuk di area gigi starter," ujar salah satu mekanik dari Mamo Style di kawasan Tanjung Priok, Agung seperti yang dikutip HAI dari GridOto.com.

Ketika merasa keras, Agung menyarankan pengguna motor matic untuk nggak memaksakannya karena bisa menimbulkan kerusakan pada bagian kick starter, dan kendaraan akan jadi semakin sulit untuk dinyalakan.

Baca Juga: Kisah Hilangnya 3 Siswa SMK Saat Magang dan Nggak Pernah Ditemukan Selama 9 Tahun

"Kalau sudah macet begitu lebih baik tidak usah dipaksakan. Ketika dipaksa bisa merusak per kick starternya. Nanti jadi ngeloss dan malah semakin sulit untuk menyalakan motor," jelas pria yang kerap disapa Hercules tersebut.

Sebagai bentuk penanganan, Hercules menyarankan pengendara untuk segera membuka area cover CVT, dan membersihkannya dengan cara menyemprotkan penetran hingga kotoran rontok dengan sendirinya.

"Sebetulnya gampang membersihkan kotoran tersebut, tinggal semprot pakai bensin atau penetran sampai kotorannya rontok saja. Setelah bersih, dilumasi dengan grease atau gemuk supaya pergerakannya normal kembali," terangnya lebih lanjut.

Supaya masalah tersebut nggak terulang kembali ke depannya, Agung menuturkan bahwa kick starter sebaiknya dipakai satu kali dalam seminggu, meskipun electric starter dan aki sedang berada dalam kondisi normal.

"Baiknya juga biarpun kondisi aki normal dan starter elektrik hidup, kick starter dipakai minimal seminggu sekali deh. Supaya tidak kejadian lagi kick starter jadi keras akibat jarang dipakai," tutup Agung.

Gimana, gampang kan sob? Maka dari itu, mulai sekarang jangan males buat ngehidupin motor pakai kick starter daripada besok-besok pas emang lagi dibutuhin malah macet dan nggak bisa dipakai. (*)

Source : GridOto.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular