Follow Us

Mantap Betul, 3 Film Indonesia Diseleksi untuk Wakili Ajang Oscar 2020

HAI Internship - Selasa, 17 September 2019 | 19:15
Film Indonesia yang diseleksi untuk ajang Oscar 2020
Ave Maryam

Film Indonesia yang diseleksi untuk ajang Oscar 2020

Hai-Online.com - Komite Oscar telah menyeleksi sejumlah film yang bakal menjadi perwakilan Indonesia untuk masuk dalam ajang Oscar 2020 mendatang.

kabar gembira bukan? pasalnya dari 99, terpilih tiga film Indonesia untuk diseleksi dan dinilai lebih lanjut.

Film yang terpilih yaitu Ave Maryam, Kucumbu Tubuh Indahku, dan 27 Steps of May.

Film-film tersebut masuk melalui jalur Best International Feature Film atau yang dulu dikenal dengan Best Foreign Language Film. Nantinya, ketiga film tersebut akan dikerucutkan lagi hingga menjadi satu film terpilih.

Baca Juga: Konser 17 Tahun Saint Loco Bukan untuk Cari Duit, Tapi Buat Enjoy Bareng Musisi

"Satu film Indonesia itu akan mewakili Indonesia di malam penganugerahan Piala Oscar di Amerika Serikat," kata Benny Benke, salah satu anggota Komite Oscar pada Sabtu (14/9/2019) dikutip dari wartakota.

99 film Indonesia yang beredar sejak Oktober 2018 sampai September 2019 tersebut terdiri dari 41 judul dengan genre drama, 34 film horor dan 24 film komedi.

Awalnya, Bumi Manusia sempat terpilih dalam empat besar. Namun, film karya Hanung Bramantyo tersebut tidak lanjut ke tiga besar karena soal desain produksi film yang dinilai masih jauh dari ideal, kurasi aktor yang mengganggu, serta cara penyutradaraan.

Sementara, menurut Benny, Ave Maryam, Kucumbu Tubuh Indahku, dan 27 Steps of May dipilih karena menyangkut isu kesetaraan yang sekarang jadi menu utama dunia.

27 Steps of May bercerita tetang seorang remaja perempuan yang mengalami trauma setelah kekerasan seksual yang dialaminya. Ditambah, ia tinggal bersama ayah yang memiliki kepribadian ganda. Film garapan Ravi Bharwani tersebut juga ditayangkan di Bengaluru International Film Festival (Biffes), Mar Sharm El Sheikh Asian Film Festival (SAFF), serta Cambodia International Film Festival (CIFF).

Film Ave Maryam mengisahkan tentang cinta terlarang antara Suster Maryam yang diperankan oleh Maudy Koesnaedi dan Romo Martin yang diperankan oleh Joko Anwar. Keduanya terhalang oleh sebuah janji pada Tuhan. Pada akhirnya, hal itu membuat Suster Maryam bimbang untuk memilih bertahan pada janji atau membuka hati sebelum cintanya tersebut pergi. Ave Maryam sempat mendapat kontroversi lantaran mengangkat isu yang terlalu sensitif oleh ormas keagamaan. Meskipun begitu, film dari sutradara Ertanto Robby ini berhasil masuk berhasil masuk dalam Official Selection pada Hanoi International Film Festival dan Hong Kong International Film Festival.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest